nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bangunan Tempat Kelahiran Hitler Akan Diubah Jadi Kantor Polisi

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 14:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 20 18 2132224 bangunan-tempat-kelahiran-hitler-akan-diubah-jadi-kantor-polisi-JiT1AyUgiI.jpg Bangunan tempat kelahiran Hitler di Austria. (Foto: BBC)

WINA - Pejabat Austria mengumumkan bahwa bangunan tempat pemimpin Nazi Adolf Hitler lahir di negara itu Austria akan diubah menjadi kantor polisi. Menteri Dalam Negeri Wolfgang Peschorn mengatakan bahwa langkah itu akan menjadi "sinyal yang tidak disalahartikan" bahwa properti itu tidak memperingati Nazisme.

Hitler menghabiskan beberapa pekan pertama hidupnya di sebuah flat di gedung abad ke-17 di kota Braunau am Inn. Nasib properti telah lama menjadi subyek perselisihan yang panjang. Selama beberapa dekade, pemerintah menyewanya dari pemilik sebelumnya dalam upaya menghentikannya menjadi tempat wisata bagi kelompok sayap kanan.

BACA JUGA: Album Foto Langka Adolf Hitler Dilelang

Tempat itu dulunya adalah pusat penitipan untuk orang-orang cacat, tetapi kemudian berakhir setelah pemiliknya Gerlinde Pommer keberatan dengan rencana untuk membuatnya lebih ramah kursi roda. Dia juga menolak semua penawaran pemerintah untuk membelinya atau melakukan renovasi.

Rencana untuk mengubahnya menjadi pusat pengungsi pada 2014 juga sia-sia.

Pemerintah mengambil alih rumah itu pada 2016 berdasarkan pesanan pembelian wajib, dengan harga 810.000 euro (sekira Rp12,6 miliar). Demikian diwartakan BBC, Rabu (20/11/2019).

Ada perdebatan dan perselisihan yang meluas di Austria mengenai nasib bangunan itu. Beberapa orang menyerukan agar diruntuhkan, sementara yang lain berpendapat itu harus digunakan untuk kegiatan amal atau sebagai rumah rekonsiliasi.

Dalam pernyataannya pada Selasa, Peschorn mengatakan rumah itu "digunakan oleh polisi di masa mendatang akan mengirimkan sinyal yang tidak mungkin disalahartikan bahwa bangunan itu tidak akan pernah lagi membangkitkan ingatan akan Sosialisme Nasional (Partai Nazi)".

Hitler lahir di Braunau am Inn, tempat ayahnya ditugaskan untuk bekerja, pada 20 April 1889. Keluarga itu tinggal di sebuah apartemen di gedung selama beberapa pekan setelah kelahirannya sebelum pindah ke alamat lain di daerah itu.

BACA JUGA: Apa yang Terjadi dengan Properti Milik Hitler?

Mereka meninggalkan kota untuk selamanya ketika Hitler berusia tiga tahun. Tetapi, dia kembali sebentar pada 1938, dalam perjalanan ke Wina, setelah Nazi Jerman mencaplok Austria.

Di bawah pemerintahan Hitler (1933-45), Jerman Nazi memulai Perang Dunia Kedua, mengejar kebijakan genosida yang mengakibatkan kematian sekira enam juta Yahudi, dan puluhan juta warga sipil dan kombatan lainnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini