nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Partai PM Inggris Menang Pemilu, Rencana Brexit Kian Terwujud

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 18:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 13 18 2141612 partai-pm-inggris-menang-pemilu-rencana-brexit-kian-terwujud-F5mY1u8xx8.jpg Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. (Foto/Reuters)

LONDON – Partai Konservatif yang dipimpin Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengamankan kemenangan pemilihan umum.

Kemenangan ini bisa membuat rencana Boris agar Inggris keluar dari Uni Eropa bisa terwujud.

Menurut exit poll, Partai Konservatif memenangkan 368 kursi, dan itu cukup menjadi mayoritas di parlemen yang berisi 650 kursi.

Baca juga: PM Inggris Boris Johnson Terekam Masuk Kulkas demi Menghindari Reporter Televisi

Baca juga: PM Inggris Boris Johnson Samakan Dirinya dengan Hulk

Exit poll adalah survei yang dilakukan segera setelah pemilih meninggalkan tempat pemungutan suara. Artinya, exit poll bukan hasil resmi komisi pemilu Inggris, namun hasil resminya yang akan diumumkan tujuh jam setelah pemungutan suara tak akan jauh dari penghitungan tersebut.

Kemenangan sementara ini akan membuat PM Johnson bergerak cepat untuk meratifikasi kesepakatan Brexit yang ia buat dengan Uni Eropa sehingga Inggris dapat benar-benar hengkang dari Uni Eropa pada 31 Januari, 10 bulan lebih lambat dari yang direncanakan sebelumnya Dengan mayoritas besar anggota parlemen, Boris bisa mendapatkan kesepakatan melalui hingga memenuhi batas waktu Brexit berikutnya pada 31 Januari.

Presiden AS Donald Trump memberikan selamat kepada Boris melalu Twiter, "kemenangan besar", dan mengatakan London dan Washington akan dapat mencapai "kesepakatan perdagangan besar baru" setelah Brexit.

"Kesepakatan ini memiliki potensi untuk menjadi jauh lebih besar dan lebih menguntungkan daripada kesepakatan apa pun yang bisa dibuat dengan UE. Rayakan Boris!" tulis Trump.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini