nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabupaten Pasangkayu Siap Jadi Kawasan Agropolitan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 24 Desember 2019 11:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 24 1 2145506 kabupaten-pasangkayu-siap-jadi-kawasan-agropolitan-pOCzMkGFAT.jpg

PASANGKAYU - Kabupaten Pasangkayu merupakan pemekaran dari kabupaten Mamuju yang berada di provinsi Sulawesi Barat dengan ibu kotanya terletak di Pasangkayu.Kabupaten Pasangkayu memiliki beragam potensi yang menjadi penopang sumber perekonomian di sektor pertanian dan perkebunan.

Bupati Kabupaten Pasangkayu, Agus Ambo Djiwa mengatakan, melalui potensi yang dimiliki dari berbagai sektor khususnya pertanian, perkebunan dan peternakan, pariwisata dan sektor lainnya, ke depan dengan penuh percaya diri dan optimisme, pasangkayu memastikan untuk menjadi agropolitan atau dalam bahasa pasangkayu adalah agrosmart yakni pembangunan sektor pertanian berbasis teknologi.

"Pada periode kedua ini kami lebih konsentrasi membangun pemerintahan secara berkesinambungan, konsentrasi menuju agrosmart atau pertanian berwawasan teknologi. Diharapkan dengan era agrosmart ini masyarakat lebih profesional bercocok tanam, lebih paham bertani, dan lebih fokus dan hasilnya bisa maksimal kita dapatkan," papar Agus.

Agrosmart atau agropolitan merupakan transformasi dari program sebelumnya yaitu sanggayu smart yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga diharapkan menjadi program prestisius dalam mengejar target akselerasi pembangunan kabupaten pasangkayu.

Pasangkayu memiliki perkebunan kelapa sawit dengan produktivitas yang cukup tinggi. Potensi unggulan berikutnya yang berkontribusi terhadap pendapatan daerah adalah budidaya tambak udang vaname yang terus dikembangkan baik secara kualitas maupun kuantitas.

Masih dari sektor perkebunan dan peternakan, peternakan sapi terus dikembangkan pemerintah daerah secara intens diantaranya dengan membentuk kelompok-kelompok koperasi guna peningkatan populasi sapi yang saat ini berjumlah 15.000 ekor.

Sedangkan di sektor pertanian, pasangkayu merupakan penghasil jeruk yang sudah terkenal kualitasnya. salah satunya jeruk keprok trigas atau yang dikenal dengan mandarin sulbar.

Sektor pariwisata juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari primadona kabupaten pasangkayu yang terus dikembangkan baik objek wisata alam, bahari maupun budaya. Dan juga yang sedang disiapkan menjadi potensi unggulan adalah muncul dari kreativitas masyarakat melalui program One Village One Entrepreneur (OVOY) yakni satu desa satu pengusaha.

 (cm)

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini