nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wartawan Rusia Mengundurkan Diri Usai Mengajukan Pertanyaan pada Putin

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 26 Desember 2019 17:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 26 18 2146290 wartawan-rusia-mengundurkan-diri-usai-mengajukan-pertanyaan-pada-putin-6Zl3GzEDxe.jpg Alisa Yarovskaya. (Foto/BBC)

MOSKOW – Seorang wartawan Alisa Yarovskaya memilih mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai jurnalis TV pemerintah Semenanjung Yamal, beberapa hari setelah mengajukan pertanyaan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Beberapa laporan mengatakan pihak berwenang di wilayah Yamal di barat laut Siberia tidak senang dengan pertanyaannya.

Yarovskaya termasuk wartawan yang menghadiri konferensi pers tahunan Presiden Putin pada 19 Desember. Saat itu, ia mengambil mikrofon yang tampaknya dimaksudkan untuk jurnalis TV Yamal yang dipilih oleh juru bicara Putin, Dmitry Peskov.

Baca juga: Aktivis Anti-Putin 'Diculik' Militer Rusia dengan Alasan Wajib Militer

Baca juga: Putin Menolak Jawab Pertanyaan Mengenai Identitas Dua Putrinya

Dia mulai dengan menyoroti manfaat pemanasan global untuk wilayahnya karena rute laut Arktik mencair. Infrastruktur lokal, termasuk pembagunan jalur kereta api, namun pembangunan jembatan di atas Sungai Ob sedang tersendat, katanya. Jembatan ini dimaksudkan untuk menghubungkan dua kota lokal, Salekhard dan Labytnangi.

"Gubernur kami, Dmitry Artkyukhov, tidak berupaya untuk mengubah ini [jembatan] menjadi kenyataan," kata Yarovskaya mengajukan pertanyaan mengutip BBC, Kamis (26/12/2019). "Namun kita mendengar ini semakin jarang dibahas di tingkat pusat. Jadi pertanyaannya apakah kita bisa melibatkan 'artileri berat' [milik] pusat?"

Foto/Reuters

Putin kemudian menjawab dengan menganalogikan bahwa memetik buah cherry pada satu proyek tertentu tidak perlu peran pemerintah federal, tetapi dia mengatakan jembatan Ob adalah penghubung penting dengan infrastruktur transportasi kawasan itu karena membuka pelabuhan Arktik adalah inisiatif penting yang harus disinkronkan dengan pemerintah pusat sera bisa meningkatkan pengiriman kargo.

Pemerintah menyadarinya dan akan memperhatikannya, tambahnya.

Menurut sebuah laporan oleh situs web Ura.ru, para pejabat senior di distrik Yamal-Nenets tidak senang dengan intervensi Yarovskaya dan saluran TV tempat Yarovskaya bekerja tidak senang dia telah mengambil mikrofon dari koleganya.

Ura News mengutip satu sumber pemerintah yang mengatakan bahwa gubernur tidak menghargai sanjungan dan telah disepakati sebelumnya bahwa pertanyaan tentang jalur kereta api akan diajukan terpisah.

Yarovskaya mengatakan kepada beberapa media Rusia bahwa ia mengajukan pengunduran diridaripada dipecat, tetapi tidak mengatakan apakah pilihannya itu terkait dengan pertanyaannya.

Satu laporan menyatakan bahwa insiden tersebut mungkin terkait dengan postingan di Facebook di mana ia diduga berspekulasi tentang penampilan Putin selama konferensi pers.

"Aku tidak bisa melihat botox atau filler. Dia terlihat seumuran dengannya," katanya. Komentar itu tidak dapat diverifikasi karena posnya telah dihapus.

Juru bicara Putin mengatakan telah mengtahui Yarovskaya mengundurkan diri atau diberhentikan, situs web Izvestia melaporkan. Namun, pemberhentian jurnalis adalah pekerjaan editor TV tempat Yarovskaya bekerja.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini