nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rangkaian Bencana Alam di Jawa Barat pada Awal Januari 2020

CDB Yudistira, Jurnalis · Jum'at 03 Januari 2020 09:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 03 525 2148762 rangkaian-bencana-alam-di-jawa-barat-pada-awal-januari-2020-laNOrha4Eq.jpg Ilustrasi banjir. (Foto: Dok Okezone)

BANDUNG – Secara umum kejadian bencana alam yang terjadi di Jawa Barat pada awal Januari 2020 terdiri dari banjir di 40 titik, tanah longsor 40 titik, jalan ambles 1 titik, pergerakan tanah 2 titik, dan pohon tumbang 2 titik.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Erlangga mengatakan akibat bencana alam tersebut menyebabkan sekira 4.000 rumah terendam banjir dan 300 lainnya rusak.

"Ada korban 7 orang meninggal dunia, korban hilang 4 orang, serta luka-luka 15 orang," katanya, Kamis 2 Januari 2020.

Adapun Rincian bancana alam di Jawa Barat pada awal Januari 2020 adalah:

A. 40 titik banjir: 

1) Polres Indramayu: 1 Titik di Ruas Tol Cipali KM 123 sampai dengan KM 142 tepatnya KM 36 Wilayah Hukum Polres Indramayu, ketinggian air kurang lebih 20 cm, tidak ada korban jiwa, kerugian materiil tidak ada. 

2) Polres Cimahi: 4 Titik. 

a. Kp. Pajagalan Rt. 05/02 Desa Cipeundeuy Kec. Padalarang Kab. Bandung Barat, ketinggian air kurang lebih 20 cm s/d 30 cm sekitar 35 rumah terendam air dan tidak ada korban jiwa. 

b. Ds. Margajaya Rw. 03, 04, 06, 16 Kec. Padalarang Kab. Bandung Barat, ketinggian air kurang lebih 20 cm, tidak ada korban jiwa dan kerugian materil belum bisa ditaksir. 

c. Kp. Ngamprah Kaler Rt. 02 Rw. 01, Kp. Cigimup Rt. 02 Rw. 06 dan Kp. Pasir Salam Rt. 01 Rw. 08 Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat, ketinggian air sekitar 20 cm dan tidak ada korban jiwa. 

d. Perum Cimareme Indah 04, 07 dan 16 Ds. Margajaya Rw. 03 Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat, ketinggian air 30 cm s/d 50 cm, tidak ada korban jiwa dan kerugian materil belum bisa ditaksir. 

3) Polres Sukabumi Kota : 1 Titik di Kp. Cibungur Rt. 05/03 Kel. Sindangpalay Kec. Cibeureum Kota Sukabumi, ketinggian kurang lebih 50 cm, tidak ada korban jiwa maupun kerugian materiil. 

4) Polres Purwakarta : 1 Titik diwilayah Kel. Nagrikidul Kec/Kab. Purwakarta, ketinggian air sekira 20 cm s/d 30 cm, tidak ada korban jiwa maupun kerugian materiil.

5) Polres Subang : 2 Titik. 

a. Desa Cilamaya Hilir Kec. Blanakan, ketinggian kurang lebih 20 cm beberapa rumah terendam air dan tidak ada korban jiwa. 

b. Desa Cilamaya Girang Kec. Blanakan, ketinggian sekitar 30 cm s/d 50 cm, kurang lebih 30 unit rumah terendam, tidak ada korban jiwa.

6) Polres Karawang: 15 titik. 

a. Dusun Mujiah Desa Mekarmulya Kec. Telukjambe Barat, ketinggian air kurang lebih 60 cm s/d 120 cm, sekitar 700 rumah terendam dan tidak ada korban jiwa.

b. Desa Karangligar Kec. Telukjambe Barat, ketinggian kurang lebih . 100 cm, beberapa rumah terendam dan tidak ada korban jiwa. 

c. Kec. Purwasari, ketinggian 80 cm s/d 120 cm, kurang lebih. 500 rumah terendam, tidak ada korban jiwa. 

d. Desa Sukamekar Kec. Jatisari, ketinggian air kurang lebih 30 cm, beberapa rumah terendam dan tidak ada korban jiwa. 

e. Desa Cirejag Kec. Jatisari, ketinggian air sekitar 30 cm, beberapa rumah terendam dan tidak ada korban jiwa. 

f. Desa Pacing Kec. Jatisari, ketinggian kurang lebih . 30 cm, beberapa rumah terendam, tidak ada korban jiwa. 

g. Desa Gempol Kolot Kec. Banyusari, ketinggian air sekitar 30 cm, beberapa rumah terendam dan tidak ada korban jiwa. 

h. Dsn Cipancu desa Tegalwaru Kec. Cilamaya Wetan, ketinggian kurang lebih 30 cm s/d 100 cm, sekitar 195 unit rumah terendam, tidak ada korban jiwa. 

i. Perum Pratama Permai Desa Tegalwaru Kec. Cilamaya Wetan, ketinggian air sekitar 30 cm s/d 100 cm, kurang lebih 242 unit rumah terendam dan tidak ada korban jiwa. 

j. Kp. Ondang Desa Tegalwaru Kec. Cilamaya Wetan, ketinggian air kurang leboh 30 s/d 100 cm, sekitar 363 unit rumah terendam dan tidak ada korban jiwa. 

k. Desa Kamurang Kec. Tirtamulya, ketinggian sekitar 70 cm, 15 unit rumah terendam dan 60 Ha pesawahan terendan, tidak ada korban jiwa. 

l. Kp. Balong Dsn 2 Gombol Nangka Kec. Tirtamulya, ketinggian air kurang lebih 50 cm, 4 unit rumah terendam, 30 Ha sawah terendam, tidak ada korban jiwa. 

m. Kp. Babakan Kalenetek Dsn 3 Kalenetek Kec. Tirtamula, 12 unit rumah terendam, 10 Ha sawar terendam dan tidak ada korban jiwa. 

n. Kp. Jebug Karang Mulya Kec. Tirtamulya, ketinggian air 50 cm s/d 100 cm, 45 unit rumah terendam dan tidak ada korban jiwa. 

o. Desa Parakanmulya Kec. Tirtamulya, ketinggian air kurang lebih 50 cm, beberapa rumah terendam dan tidak ada korban jiwa.

7) Polresta Bogor Kota : 2 Titik banjir. 

a. Kp. Bebek Kel. Kedung Halang Kec. Bogor Utara, ketinggian lk. 50 cm, kurang lebih 150 unit rumah terendam dan tidak ada korban jiwa. 

b. Kel. Cibuluh Kec. Bogor Utara, ketinggian kurang lebih 70 cm, sekitar 150 unit rumah terendam, tidak ada korban jiwa. 

8) Polres Bogor: 14 Titik banjir. 

a. Perumahan Grand Mekarsari Desa Mekarsari Kec. Cileungsi, ketinggian air kurang lebih 50 cm, tidak ada korban jiwa dan kerugian materil belum bisa ditaksir. 

b. Kp. Keusal Rt.01/03 Desa Wirajaya Kec. Cigudeg, ketinggian air sekitarb 50 cm s/d 100 cm, 4 unit rumah terendam, tidak ada korban jiwa dan kerugian materil belum bisa ditaksir. 

c. Kp. Cigowok Desa Sukamaju Kec. Cigudeg untuk sementara team belum bisa masuk ke lokasi karena akses jembatan putus. 

d. Kp/Desa Bunar Kec. Cigudeg, ketinggian air sekitar 50 cm s/d 60 cm, beberapa rumah terendam air, tidak ada korban jiwa. 

e. Kp. Ciasahan Desa Sukamaju Kec. Cigudeg, 7 unit rumah rusak, 30 unit rumah terendam, tidak ada korban jiwa. 

f. Kp. Sinar Harapan Desa Harkatjaya Kec. Sukajaya, 4 orang Meninggal Dunia (terbawa Arus), 3 orang belum ditemukan, 12 orang luka-luka serta beberapa rumah terendam air dan rusak. 

g. Kp. Babakan Desa/Kec. Jasinga, ketinggian kurang lebih 50 cm s/d 150 cm, beberapa rumah terendam, tidak ada korban jiwa. 

h. Kp. Jolpot Desa Bagoang Kec. Jasinga, ketinggian air kurang lebih 50 cm s/d 150 cm, beberapa rumah terendam dan tidak ada korban jiwa. 

i. Kp. Kesal Desa Wirajaya Kec. Jasinga, ketinggian air sekitar 50 cm, beberapa rumah terendam banjir, tidak ada korban jiwa. 

j. Kp. Parung Sapi Desa Kalong Sawah Kec. Jasinga, ketinggian kurang lebih 50 cm s/d 150 cm, sekitar 60 unit rumah terendam dan 50 warga terisolir didalam rumah dan belum bisa dievakuasi karena terisolir banjir serta sementara warga yang terisolir masih bertahan di atas rumahnya dan 1 (satu) orang hilang diduga hanyut terbawa arus air. 

k. Desa Cikeas Kec. Sukaraja, ketinggian air sekitar 30 cm dan tidak ada korban jiwa. 

l. Desa Cimandala Kec. Sukaraja, ketinggian kurang lebih 50 cm, tidak ada korban jiwa. 

m. Kp. Sawah Desa Leuwinutug Kec. Citeureup, ketinggian air kurang lebih 50 cm, 30 unit rumah terendam air dan tidak ada korban jiwa. 

n. Perum Villa Nusa Indah Desa Bojong Kulur Kec. Gunung Putri, ketinggian air sekitar 50 cm s/d 100 cm, beberapa rumah terendam, tidak ada korban jiwa.

B. Tanah longsor 21 titik: 

1) Polres Cimahi : 7 Titik. 

a. Kp. Andir Rt 04/15 Ds. Gudangkahuripan Kec. Lembang KBB, 1 unit rumah, kerugian materil belum bisa ditaksir. 

b. Jalan Perum Pondok Mas Lestari Rt 05 Rw 06 Desa Pakuhaji Kec. Ngamprah KBB, longsoran tanah menutup akses jalan perumahan. 

c. Gunung Bohong Sukamaju Kec. Cimahi Tengah Kota Cimahi, 1 unit rmah, kerugian Rp. 10.000.000. 

d. Kp. Ngamprah Kaler Kec. Ngamprah KBB, tebing sawah longsor, tidak ada korban jiwa. 

e. Kp. Cigimup Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat, tebing sawah longsor, tidak ada korban jiwa. 

f. Kp. Pasir Salam Kec, Ngamprah Kab. Bandung Barat, 1 unit rumah, kerugian belum bisa ditaksir. 

g. Kp. Lebak Saat Kel Cipageran Kec Cimahi Utara Kota Cimahi, 2 unit rumah, kerugian belum bisa ditaksir. 

2) Polres Ciamis : 1 Titik di Kec. Jatinagara, 1 unit rumah rusak, tidak ada korban jiwa, kerugian belum bisa ditaksir. 

3) Polres Sukabumi : 1 Titik di Jalan Raya yang menghubungkan Kec. Nyalindung menuju Kec. Purabaya. Panjang sekitar 5 m, lebar kurang lebih. 5 m, tinggi sekitar 3 m, tidak ada korban jiwa dan akses jalan terganggu. 

4) Polres Sukabumi Kota: 2 Titik. 

a. Kp. Ciseureuh Kel. Karangtengah Kec. Gunung Puyuh, 1 unit rumah rusak, kerugian materil Rp. 15.000.000. 

b. Kp. Tegalega Desa/Kec. Kebonpedes, 4 sawah tertimbun longsoran tanah, tidak ada korban jiwa. 

5) Polresta Bogor Kota : 1 Titik di Kel. Kedung Badak Kec. Tanah Sereal, 1 unit rumah milik Ibu AISYAH, korban MD 1 orang an. Ibu UUS, kerugian materil belum bisa ditaksir.

6) Polres Bogor: 9 Titik. 

a. Jalan Raya Kalong Satu (tanjakan Cibokor) Kec. Lw. Sadeng mengakibatkan pohon tumbang sepanjang kurang lebih 10 meter sehingga menutupi jalan. 

b. Kp. Bambu Hitam Kec. Gunung Putri, 3 orang luka ringan. 

c. Desa Gunung Geulis, 1 unit rumah rusak, tidak ada korban jiwa dan kerugian belum bisa ditaksir. 

d. Desa Nagrak Kec. Sukaraja, 1 unit rumah rusak, tidak ada korban jiwa dan kerugian belum bisa ditaksir. 

e. Kp. Pasir Gedogan Desa Hambalang Kec. Citeureup , 1 unit rumah rusak, tidak ada korban jiwa, kerugian belum bisa ditaksir. 

f. Kp. Hambalang Desa Hambalang Kec. Citeureup, 4 unit rumah rusak, tidak ada korban jiwa, kerugian belum bisa ditaksir. 

g. Kp. Tegal Desa Hambalang Kec. Citeureup, 1 unit rumah rusak, tidak ada korban jiwa, kerugian belum bisa ditaksir. 

h. Kp. Cibeureum desa Curugbitung Kec. Nanggung, 2 orang Meninggal Dunis tertimbun longsoran tanah setinggi 2 meter. 

i. Kp. Siranggap Desa/Kec. Nanggung, 4 unit rumah rusak, 2 akses jalan tertutup longsoran tanah, tidak ada korban jiwa.

C. Jalan ambles 1 titik: 

1) Polres Bogor : 1 Titik di Kp. Cilaya Rt 02/08 Desa Karang Tengah Kec. Babakanmadang, sepanjang kurang lebih 40 meter dan ketinggian sekitar 50 cm serta kondisi saat ini tidak dapat dilalui kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 namun bisa dilalui pejalan kaki. 

D. Pergerakan tanah di 2 titik di Sumedang: 

a. Dusun Sadarayna Kp. Sindangsari Desa Bangbayang Kec. Situraja, 1 unit rumah rusak, tidak ada korban jiwa, kerugian Rp. 5.000.000. 

b. TPT Jalan Kabupaten wilayah Kec. Situraja, jalan rusak, kerugian Rp. 10.000.000.

E. Pohon tumbang di 2 titik Sumedang dan Garut: 

1) Polres Sumedang : 1 Titik di Dsn. Mariuk Desa Sukamulya Kec. Ujungjaya, 3 unit rumah rusak, tidak ada korban jiwa, kerugian Rp. 15.000.000. 

2) Polres Garut : 1 Titik di Jl. Raya Garut – Tasikmalaya Kp. Binuang Desa/Kec. Kersamanah, arus lalu lintas terganggu dan tidak ada korban jiwa. 

1
7

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini