nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Takut China, Malaysia Pertahankan Klaim Wilayahnya di Laut China Selatan

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Sabtu 04 Januari 2020 20:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 04 18 2149296 tidak-takut-china-malaysia-pertahankan-klaim-wilayahnya-di-laut-china-selatan-GFaYVh8SVj.jpg Menlu Malaysia Datuk Saifuddin Abdullah. (Foto/The Star)

PUTRAJAYA - Malaysia akan mempertahankan klaim wilayahnya di Laut Cina Selatan yang disengketakan meski ada keberatan dari China

Menteri Luar Negeri Malaysia Datuk Saifuddin Abdullah mengatakan kementerian telah menduga langkah China terkait klaim Malaysia.

"Keberatan China adalah sesuatu yang kami harapkan. Ini normal. Saya tidak mengatakan kita baik-baik saja tentang hal itu, tetapi ini terkait klaim [wilayah] kita dan kita akan mempertahankannya," katanya mengutip The Star, Sabtu (4/1/2020).

Baca juga: Beijing Desak Komisi PBB Tak Pertimbangkan Klaim Malaysia di Laut Cina Selatan

Baca juga: Filipina Ancam Misi "Bunuh Diri" jika China Tidak Tarik Mundur Kapalnya dari Pulau Thitu

Saifuddin juga mengatakan Malaysia tidak takut akan ada pembalasan dari China. "Kita takut akan hal itu, kita tidak akan menyerahkan klaim [wilayah] kita," katanya.

The South China Morning Post melaporkan bulan lalu bahwa China telah memprotes pengajuan klaim Malaysia kepada PBB dan mendesak Komisi PBB tentang Batas Landas Kontinental untuk tidak mempertimbangkan pengajuan Malaysia.

Dalam laporan itu, Beijing juga menuduh Malaysia melanggar kedaulatannya setelah pengajuan klaim tersebut.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini