nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur sebagai Anggota Senior Kerajaan Inggris

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 09 Januari 2020 10:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 09 18 2150938 pangeran-harry-dan-meghan-markle-mundur-sebagai-anggota-senior-kerajaan-inggris-8gkBIEv3Jr.jpg Pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle. (Foto: Reuters)

LONDON – Pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle, yang juga dikenal dengan Duke dan Duchess of Sussex, mengumumkan bahwa mereka akan mundur sebagai anggota “senior” Kerajaan Inggris dan akan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial. Dalam pernyataannya, pasangan itu juga mengatakan akan membagi waktu mereka antara berada di Inggris dan Amerika.

Laporan BBC, Kamis (9/1/2020), mengatakan bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak berkonsultasi dengan anggota keluarga kerajaan lain sebelum mengumumkan keputusan itu, bahkan saudaranya sendiri, Pangeran William; dan neneknya, Ratu Elizabeth. Anggota senior Keluarga Kerajaan dilaporkan “terluka” oleh pengumuman tersebut.

BACA JUGA: Ratu Elizabeth Sudah Tak Pasang Foto Pangeran Harry dan Meghan Markle di Ruang Kerja

Oktober lalu, Pangeran Harry dan Meghan secara terbuka mengungkapkan perjuangan mereka menghadapi sorotan media.

"Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota 'senior' dari Keluarga Kerajaan dan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial, sambil terus sepenuhnya mendukung Yang Mulia Ratu," kata pasangan Duke dan Duchess of Sussex dalam pernyataan yang di-posting di akun Instagram mereka pada Rabu 8 Januari 2020.

Pasangan itu mengatakan bahwa keputusan itu diambil “setelah berbulan-bulan refleksi dan diskusi internal".

Mereka berencana untuk menyeimbangkan waktu mereka antara Inggris dan Amerika Utara sambil "terus menghormati tugas kepada Ratu, Persemakmuran, dan pelindung".

"Keseimbangan geografis ini akan memungkinkan kami untuk membesarkan putra kami dengan apresiasi atas tradisi kerajaan tempat ia dilahirkan, sementara juga memberi keluarga kami ruang untuk fokus pada bab berikutnya, termasuk peluncuran entitas amal baru kami."

Seorang juru bicara Istana Buckingham mengatakan diskusi dengan pasangan Harry dan Meghan mengenai keputusan mereka untuk mundur masih "pada tahap awal". Dia menambahkan: "Kami memahami keinginan mereka untuk mengambil pendekatan yang berbeda, tetapi ini adalah masalah rumit yang akan membutuhkan waktu untuk diselesaikan."

BACA JUGA: Dampak Bunuh Diri Pengusaha, Pangeran Inggris Mundur dari Tugas Publik

Selama Natal, pasangan itu mengambil cuti enam pekan dari tugas kerajaan untuk menghabiskan waktu di Kanada bersama putra mereka, Archie, yang lahir pada Mei tahun lalu. Mereka baru kembali ke Inggris pada Selasa lalu.

Harry (35) berada di urutan keenam pewaris takhta Kerajaan Inggris, di belakang ayahnya, Pangeran Charles, kakaknya, Pangeran William, dan tiga anak William.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini