nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahkamah Agung India Minta Pemerintah Tinjau Penutupan Akses Internet di Kashmir

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2020 19:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 10 18 2151526 mahkamah-agung-india-minta-pemerintah-tinjau-penutupan-akses-internet-di-kashmir-RIMbmRb6PM.jpg Sejumlah warga protes penutupan akes Internet di Kashmir. (Foto/Reuters)

NEW DELHI - Mahkamah Agung India meminta pemerintah untuk meninjau penangguhan layanan internet di Kashmir yang dikelola India. Pemerintah India telah menutup akses internet di Kasmir sejak 5 Agustus 2019.

"Penertiban internet harus dianggap oleh negara hanya sebagai tanggapan dari tindakan luar biasa," kata Hakim NV Ramana saat membacakan putusan mengutip BBC, Jumat (10/1/2020).

Ia menambahkan bahwa akses internet adalah bagian dari hak kebebasan berbicara dan berekspresi yang dijamin oleh konstitusi.

Tiga hakim lainnya juga memutuskan bahwa penangguhan layanan internet yang tidak terbatas, tidak diizinkan dan pembatasan internet hanya bersifat sementara.

Baca juga: Menentang UU Kewarganegaraan, Warga India Gelar Aksi Protes di Acara Pernikahan dan Wisuda

Baca juga: Diplomat India Dikecam karena Usulkan Model Permukiman Israel di Kashmir

Baca juga: India Resmi Pisahkan Negara Bagian Jammu dan Kashmir

Beberapa layanan telepon seluler dan telepon rumah dipulihkan pada bulan Oktober, tetapi akses internet masih ditutup, dan berdampak pada kehidupan sehari-hari, media dan bisnis.

Pada bulan Agustus 2019, Parlemen India membatalkan Pasal 370, yang menjamin semi otonomi Kashmir dari konstitusi negara.

Ribuan tentara tambahan masuk, dan pemadaman komunikasi diberlakukan sebelum wilayah itu secara resmi dibagi menjadi dua wilayah federal.

Pemerintah India mengatakan langkah itu adalah masalah keamanan nasional, tetapi Kashmir mengatakan langkah tersebut telah mengikis kebebasan.

Penutupan akes internet terpanjang di India:

Layanan Internet ditangguhkan pada 4 Agustus 2019 dan masih berlangsung hingga hari ini di Jammu dan Kashmir.

Pemutusan internet di Kashmir berlangsung dari 8 Juli hingga 19 November 2016.

Pihak berwenang mematikan internet di negara bagian Benggala Barat India dari 18 Juni hingga 25 September pada 2017.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini