nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

47 Suku Asli Brasil Bersatu Melawan Kebijakan Presiden Bolsonaro Terkait Hutan Amazon

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 17:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 16 18 2153846 47-suku-asli-brasil-bersatu-melawan-kebijakan-presiden-bolsonaro-terkait-hutan-amazon-Rj0wkcLGhM.jpg Suku asli Brasil unjuk rasa di Brasilia menenang kebijakan Presiden Jair bolsonaro. (Foto/Reuters)

XINGU - Suku-suku asli Brasil dan buruh penyadap karet bersatu untuk melawan menentang kebijakan Presiden Jair Bolsonaro yang mereka anggap telah menghancurkan hutan Amazon, tempat tinggal mereka.

Sekitar 450 anggota dari 47 suku asli Brasil bertemu untuk membahas langkah Bolsonaro yang ingin melemahkan lembaga publik, yang melindungi lingkungan dan hak-hak tanah penduduk asli Brasil.

Foto/Reuters

Bolsonaro mengatakan suku-suku memiliki tanah terlalu banyak, dan dia ingin membuka penambangan komersial serta pertanian untuk mengembangkan hutan Amazon. Cara itu klaim Bolsonaro bisa mengangkat masyarakat adat dari kemiskinan.

Baca juga: Presiden Brasil Tuduh Leonardo DiCaprio Beri Dana untuk Bakar Hutan Amazon

Baca juga: Deforestasi Amazon Brasil Tertinggi Sejak 2008

Kepala Suku Kayapo, Raoni Metuktire yang mengadakan pertemuan di desanya di sungai Xingu, meminta Parlemen Brasil untuk menghadang kebijakan Bolsonaro.

"Kami di sini untuk mempertahankan tanah kami dan menyuruhnya berhenti berbicara buruk tentang kami," kata Raoni melansir Reuters, Kamis (16/1/2020).

“Bersatu, kita bisa melawan. Mereka memiliki kekuatan pemerintahan, tetapi kita memiliki kekuatan air, bunga, dan tanah leluhur,” lanjutnya.

Funai, Badan Urusan Adat Brasil dipimpin oleh seorang perwira polisi yang ditunjuk oleh Bolsonaro, mengatakan pertemuan di Xingu adalah acara pribadi dan tidak sejalan dengan kebijakan pemerintah.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini