nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Satu Desa di Lebak Sulit Diakses, Bupati: Harus Direlokasi

Rasyid Ridho , Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 23:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 18 340 2154904 satu-desa-di-lebak-sulit-diakses-bupati-harus-direlokasi-upLcpXDf6h.jpg Bupati Lebak Ita Octavia (Foto: Ist)

LEBAK - Memasuki hari ke-18 pasca-bencana banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Lebak, Banten masih ada desa yang sulit diakses, yakni di Kampung Gunung Julang, Desa Lebak Situ, Kecamatan Lebak Gedong. Daerah itu sulit ditembus kendaraan, karena jalan dan jembatan terputus.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengakui sulitnya akses membuat relawan dari berbagai pihak masuk ke Gunung Julang dengan berjalan kaki sejauh 3 kilometer untuk mendistribusikan logistik. Bahkan, Polri dan TNI terus mendistribusikan bantuan melalui jalur udara menggunakan helikopter.

"Bantuan logistik masuk, mereka ada di posko kita di Muara dan Lebak Sangka. Mereka bisa ambil melalui jalur jalan kaki sekitar 3 km, yang jelas tidak ada masalah soal distribusi logistik," ujar Iti saat mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sabtu (18/1/2020).

Baca Juga: Pemkab Bogor Akan Relokasi 17.869 Pengungsi Banjir dan Longsor 

Sulitnya akses ke Gunung Julang membuat Pemkab Lebak akan meminta warganya untuk mau direlokasi ke lokasi lebih aman. "Yang terisolir masih ada di gunung julang karen memang tidak bisa dilalui, ada treatmen jalur transportasinya jalan transportasi, mungkin ini harus dilakukan relokasi," ujar Iti.

 Banjir Lebak

Sampai saat ini, masih ada sekitar 2.105 jiwa yang masih bertahan di posko-posko pengungsian yang tersebar di beberapa titik di enam kecamatan seperti di Aula Diklatpurz Gedung PGRI, Kecamatan Sajira, Gedung Serba Guna, Kecamatan Lebak Gedong.

"Sampai sekarang masyarakat masih ada di pengungsian dari 5 ribu sekarang hanya ada 2.105 di beberapa titik, yang terbanyak di diklatpur, dan di beberapa titik lain posko-posko yang memang masih ada pengungsi," kata Iti.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini