nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Senator AS Terlihat Tidur, Bermain dan Makan Selama Persidangan Pemakzulan Trump

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2020 09:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 24 18 2157536 senator-as-terlihat-tidur-bermain-dan-makan-selama-persidangan-pemakzulan-trump-BomqXlfYA0.jpg Foto: Reuters.

WASHINGTON - Senator Amerika Serikat (AS) dituduh tertidur, bermain-main dan melanggar aturan lain selama persidangan pemakzulan Presiden Donald Trump.

Senator Jim Risch dan Jim Inhofe disebut ada di antara anggota Senat yang tampaknya ketiduran selama audiensi yang panjang pada persidangan Kamis, 23 Januari 2020.

Teka-teki silang, fidget spinner, dan sedikitnya satu pesawat kertas terlihat dimainkan oleh para senator.

BACA JUGA: Trump Menjadi Presiden Ketiga yang Menjalani Sidang Pemakzulan Sepanjang Sejarah AS

Pengadilan pemakzulan telah mendengar bahwa tuduhan anggota Demokrat DPR AS bahwa Presiden Trump melakukan tindakan penyalahgunaan kekuasaan yang mengancam demokrasi Amerika.

Para senator bertindak sebagai juri untuk memutuskan apakah presiden harus dicopot dari jabatannya.

Ruang majelis tinggi Kongres AS membanggakan dirinya sebagai tempat yang suci dan penuh kesopanan. Tetapi beberapa anggotanya, baik dari Partai Republik maupun Demokrat, pekan ini dituduh oleh media AS bertindak seperti anak sekolah yang bosan selama sidang pemakzulan.

Aturan yang ada meminta para senator untuk tetap duduk selama persidangan pemakzulan. Tetapi laporan Reuters menyebutkan sedikitnya sembilan senator Demokrat dan 22 senator Republik meninggalkan kursi mereka pada berbagai waktu pada Kamis.

BACA JUGA: Sidang Pemakzulan Trump, Senat Blokir Upaya Demokrat Hadirkan Saksi dan Bukti

Para senator tersebut termasuk kandidat calon presiden Demokrat, Senator Bernie Sanders, Amy Klobuchar dan Michael Bennet.

Marsha Blackburn, senator Republik yang mewakili Tennessee, membela diri pada Kamis setelah dia terlihat membaca buku di dalam ruangan selama persidangan. Dalam sebuah tweet dia mengatakan buku yang dibacanya memberikan wawasan yang baik tentang proses (persidangan).

Sementara Senator Republik lainnya, Jim Risch membantah dugaan dirinya tertidur selama audiensi. Risch yang tampak merosot di mejanya dengan mata terpejam pada persidangan Kamis mengatakan bahwa dirinya sedang “mendengarkan audiensi secara seksama dengan mata tertutup.”

Senator Rand Paul tampak mengerjakan teka-teki silang di arloji pintarnya, sedangkan Senator Elizabeth Warren juga terlihat memainkan sebuah permainan yang tak diketahui di selembar kertas.

Ada juga aturan ketat terhadap makanan, tetapi para senator terlihat mengunyah cokelat dan mengunyah permen karet.

Akses pers ke majelis telah sangat dibatasi selama sidang Senat, yang berarti ada lebih sedikit kamera untuk menangkap momen senator di saat mereka lengah.

Meski banyak senator yang terlihat tak disiplin, ada juga yang bekerja dengan sungguh-sungguh, mencatat selama persidangan.

Sebelum penyampaian argumen pada Kamis dimulai, beberapa senator dari Partai Republik mengatakan mereka tidak mendengar hal baru dalam argumen jaksa Demokrat dan telah memutuskan untuk menyatakan presiden tak bersalah. Diperlukan dua pertiga suara mayoritas Senat untuk memecat Trump dari jabatannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini