nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Malaysia Pertimbangkan Larang Warga China Kunjungi Negaranya

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 11:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 27 18 2158792 malaysia-pertimbangkan-larang-warga-china-kunjungi-negaranya-w4dSASEIXs.jpg Foto: Reuters.

PUTRAJAYA - Kementerian Kesehatan Malaysia akan membahas proposal untuk melarang warga China memasuki negaranya karena wabah virus korona baru yang menyebar dari Wuhan saat ini.

Wakil Menteri Kesehatan Malaysia Lee Boon Chye mengatakan, pertemuan dengan pihak-pihak terkait termasuk Wakil Perdana Menteri sekaligus kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Malaysia Wan Azizah Wan Ismail, telah diatur untuk membahas usulan tersebut.

BACA JUGA: Malaysia Konfirmasi 3 Kasus Infeksi Virus Korona di Negaranya

“Meskipun kita tahu bahwa beberapa kota di China saat ini 'terkunci' dan ini dapat mempengaruhi jumlah wisatawan yang datang dari negara tersebut, sebuah pertemuan telah diatur untuk menentukan tindakan apa yang terbaik berikutnya,” katanya kepada wartawan sebagaimana dilansir The Star, Senin (27/1/2020).

"Kami ingin menyarankan semua warga Malaysia untuk tidak mengunjungi China setidaknya selama dua pekan karena kementerian saat ini memantau kondisi di China," tambahnya.

Sampai berita ini diturunkan, Kementerian Kesehatan Malaysia telah mengonfirmasi empat kasus infeksi virus korona baru di Malaysia.

Kasus terbaru melibatkan seorang lelaki berusia 40 tahun dari Wuhan yang datang ke Johor Baru pada 22 Januari menggunakan bus dari Singapura bersama dengan 17 wisatawan lain dari China. Pria itu telah dirujuk ke Tim Medis Penyakit Menular Rumah Sakit Sultanah Aminah di Johor Baru.

Lee menyarankan semua orang yang telah mengunjungi China dalam beberapa pekan terakhir untuk mengunjungi dokter atau mencari perawatan medis jika menunjukkan gejala-gejala dari virus korona. Publik juga diminta untuk menghindari tempat-tempat publik dan merawat kebersihan mereka.

BACA JUGA: Masjid-Masjid di Malaysia Gelar Salat Hajat Minta Perlindungan Allah dari Virus Korona

“Kami telah menetapkan setidaknya 26 rumah sakit di seluruh negeri yang akan dapat memberikan bantuan medis yang tepat termasuk perawatan khusus untuk infeksi.

"Cobalah untuk menjauh dari tempat yang ramai, cuci tangan Anda terus-menerus, dan kenakan masker wajah," katanya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini