nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Semeru Erupsi Semburkan Abu Setinggi 500 Meter

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 29 Januari 2020 10:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 29 519 2159911 gunung-semeru-erupsi-semburkan-abu-setinggi-500-meter-mTjt0TwKiC.jpg Erupsi Gunung Semeru. (Foto : Ist)

LUMAJANG – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebut Gunung Semeru erupsi pada Rabu (29/1/2020) pagi sekira pukul 05.19 WIB.

Kepala PVMBG Kasbani mengungkapkan, dari pantauan pos pengamatan abu erupsi muncul dari Gunung Semeru setinggi 500 meter di atas puncak gunung.

"Kolom abu teramati berwarna putih dengan intensitas tebal mengarah ke utara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi sekitar 1 menit 56 detik," ujar Kasbani melalui siaran pers yang diterima Okezone.

Pihaknya menambahkan, status gunung tertinggi di Pulau Jawa ini masih berada di waspada level II. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas di radius satu kilometer dan empat kilometer di lereng selatan - Tenggara kawah aktif.

"Kita sudah lakukan imbauan ke masyarakat untuk tidak beraktivitas di radius empat kilometer di sektor lereng selatan - tenggara kawah yang aktif. Itu merupakan wilayah bukaan kawah Jongkring Seloko sebagai luncuran awan panas," ucapnya.


Baca Juga : Gunung Semeru Sempat Erupsi dengan Tinggi Kolom Abu 600 Meter

Tak hanya itu PVMBG mengimbau masyarakat mewaspadai gugurnya kubah lava di kawah Jongkring Seloko.


Baca Juga : Heboh Gunung Semeru Diselimuti Awan Mirip Topi Caping, Begini Faktanya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini