Bikin Sesak Napas, Warga Langkat Keluhkan Asap Pabrik Arang

Rabu 29 Januari 2020 22:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 29 608 2160379 bikin-sesak-napas-warga-langkat-keluhkan-asap-pabrik-arang-O3Q8crdjnR.JPG Cerobong asap pabrik yang dikeluhkan warga Langkat, Sumut (Foto: iNews.id)

LANGKAT – Masyarakat Dusun Padang Kedondong, Desa Batu Melenggang, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatara Utara (Sumut) mengeluhkan aktivitas pabrik arang dekat permukiman mereka. Debu dan asap pabrik menimbulkan polusi udara hingga masuk sampai ke dalam rumah penduduk.

Salah seorang warga, A Naibaho mengaku mereka sangat terganggu dengan aktivitas pabrik tersebut. Kesehatan warga, khususnya anak-anak dan orang tua terdampak langsung karena setiap hari harus menghirup asap pabrik.

“Selama ini kami tak merasa aman dengan kesehatan. Kami minta pemerintah bantu warga di sini,” ujarnya menukil laman iNews.id, Rabu (29/1/2020).

Menurutnya, selain bau asap yang kerap mereka hirup, kondisi rumah juga setiap hari penuh dengan debu. Hal ini menambah pekerjaan rumah warga karena setiap hari harus bersih-bersih.

Atas hal ini, warga telah membawa aspirasi ini ke Pemerintah Kecamatan Hinai sejak Agustus 2019, namun sampai saat ini tak ada tindak lanjut atas laporan mereka.

"Kami enggak bisa istirahat. Sesak napas kami di sini. Kami tak harapkan apapun hanya ingin agar pabrik itu tak terus menyebarkan polusi,” keluhnya.

Sementara pengawas pabrik arang Wandi mengatakan, polusi yang saat ini dirasakan warga karena adanya kerusakan mesin. Saat ini sedang dalam perbaikan agar debu dan asap dari operasional pabrik tak sampai masuk ke rumah warga.

“Kami akan upayakan untuk membuat lebih safety agar abu tak terbang sampai ke rumah masyarakat. Cerobong asap juga akan kami lebing tinggikan lagi,” kata dia.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini