nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah 47 Tahun Keanggotaan, Inggris Resmi Keluar dari Uni Eropa

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 01 Februari 2020 10:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 01 18 2161649 setelah-47-tahun-keanggotaan-inggris-resmi-keluar-dari-uni-eropa-An8cBSzLe2.jpg Foto: Reuters.

LONDON – Setelah 47 tahun menjadi anggota, Inggris telah secara resmi meninggalkan Uni Eropa (UE), atau yang oleh banyak orang dikenal dengan Brexit. Langkah itu diambil tiga tahun setelah negara itu memilih melalui referendum

Diwartakan BBC, Sabtu (1/2/020), momen bersejarah, yang terjadi pada 31 Januari pukul 11 malam waktu Inggris itu ditandai dengan perayaan dan protes anti-Brexit.

BACA JUGA: Ketentuan Brexit Disetujui, Inggris Keluar dari Uni Eropa pada 31 Januari

Upacara penyalaan lilin diadakan di Skotlandia, yang memilih untuk tetap berada di dalam UE, sementara Brexiteers, warga Inggris yang memilih untuk keluar dari UE, berpesta di Lapangan Parlemen London.

Perdana Menteri (PM) Boris Johnson telah berjanji untuk kembali mempersatukan warga Inggris dan membawa negara itu ke masa depan.

"Bagi banyak orang ini adalah momen harapan yang menakjubkan, saat yang mereka pikir tidak akan pernah datang,” kata PM Johnson dalam sebuah pesan yang dirilis di media sosial menjelang Brexit.

"Dan ada banyak tentu saja yang merasakan kecemasan dan kehilangan. Dan tentu saja ada kelompok ketiga - mungkin yang terbesar - yang mulai khawatir bahwa seluruh pergulatan politik tidak akan pernah berakhir.

BACA JUGA: Keluarnya Inggris dari Uni Eropa Ciptakan Peluang Bagi Indonesia

"Saya memahami semua perasaan itu dan pekerjaan kami sebagai pemerintah, tugas saya, adalah menyatukan negara ini sekarang dan membawa kami maju," tambahnya.

Johnson mengatakan bahwa selama 50 tahun, UE telah mengalami perubahan dan saat ini tidak lagi cocok dengan Inggris. Lebih lanjut dia meyakinkan rakyat Inggris bahwa “Brexit bukan sebuah akhir melainkan awal dari momen pembaruan dan perubahan nasional yang nyata”.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini