nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Momen saat Tokoh Nasional dan Ribuan Jamaah Antar Gus Sholah ke Peristirahatan Terakhirnya

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 21:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 03 519 2162793 momen-saat-tokoh-nasional-dan-ribuan-jamaah-antar-gus-sholah-ke-peristirahatan-terakhirnya-KlXYhgM5iV.jpg

JOMBANG - Sejumlah tokoh nasional dan ribuan pelayat tampak hadir melepas kepergian KH. Salahuddin Wahid ke tempat peristirahatan terakhirnya di kompleks Ponpes Tebu Ireng, Senin sore (3/2/2020).

Dari pantauan sejumlah tokoh hadir di pemakaman Gus Sholah. Di antaranya Menkopolhukam Mahfud MD, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum (Ketum) Muhammadiyah Haedar Nashir, mantan Mendikbud Muhammad Nuh, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wagub Emil Dardak.

Di luar pejabat pemerintahan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea, pengasuh Ponpes Raudhatul Thalibin Rembang KH. Mustofa Bisri atau Gus Mus, hingga Pengasuh Ponpes Lirboyo Kediri Gus Anwar Mansyur.

Menkopolhukam Mahfud MD yang diberi kesempatan memberikan sambutan dalam pemakaman Gus Sholah. Pria asal Sampang ini mengingatkan pelajaran mengenai kematian yang bisa menimpa siapa saja.

Baca Juga: Pesan Terakhir Gus Sholah soal Keindonesiaan dan Keislaman

"Wafatnya Gus Sholah sekurang-kurangnya memberi pelajaran kepada kita terhadap apa yang sering dikatakan beliau bahwa apapun yang kita miliki yang sifatnya duniawi pada akhirnya akan kita tinggalkan," jelas Mahfud MD.

Ia menjelaskan, akan tiba masa setiap manusia akan menghadap Allah SWT di padang mahsyar. Saat momen tersebut tiba, tidak ada satu pun yang bisa menolong manusia selain menghadap Allah SWT dengan hati yang damai.

Baca Juga: Tangisan Gubernur Jatim Khofifah Pecah saat Bacakan Wasiat Gus Sholah

"Kata Allah SWT akan tiba hari kita akan menghadap pada Allah SWT. Tidak bisa menolong hartamu, tidak bisa menolong anak-anak dan keluargamu. Yang bisa menolong adalah jika engkau menghadap Allah SWT dengan hati yang damai," bebernya.

Di sisi lain Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat memberikan sambutan menyampaikan tiga mandat yang beberapa kali disampaikan Gus Sholah terkait pengembangan Ponpes Tebuireng.

Pertama, Gus Sholah ingin pendidikan di pesantren warisan KH Hasyim Asy'ari itu terus dikembangkan. Kedua, Gus Sholah ingin rumah sakit yang dibangun Pesantren Tebuireng berkembang menjadi rumah sakit yang modern.

"Yang ketiga beliau bercita-cita untuk dilanjutkan bank syariah dari Ponpes Tebuireng. Ini tiga mandat yang beberapa kali beliau sampaikan kepada kami. Mudah-mudahan pelanjut beliau menjalankan amanah ini dengan baik," tukasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini