nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Longsor Putus Jalur Alternatif Bandung Barat-Cianjur

CDB Yudistira, Jurnalis · Rabu 05 Februari 2020 13:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 05 525 2163664 longsor-putus-jalur-alternatif-bandung-barat-cianjur-PhIm4uZIJm.jpg Longsor di Bandung Barat (Foto: Ist)

BANDUNG - Longsor terjadi pada tebing dengan ketinggian tujuh meter dan panjang 25 meter di Kampung Cihideung, Desa Bunijaya, Kecamatan Gunung Halu. Hal itu menyebabkan jalur alternatif yang menghubungkan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat terputus.

Kejadian tersebut terjadi pada, Selasa 4 Februari sekira pukul 17.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kepala BPBD Bandung Barat Duddy Prabowo menuturkan, selain longsor, badan jalan juga mengalami penurunan dengan ketinggian dua meter dan retakan 10 meter.

"Penyebab longsor, karena tingginya curah hujan," kata Duddy melalui pesan singkat pada Rabu (5/2/2020).

BPBD pun bersama dengan warga dibantu instansi lainnya, saat ini tengah berupaya untuk membuka ruas jalan yang tertutup. Selain itu, pihaknya juga berupaya membuat tanggul penahan tanah.

"Kita usahakan semaksimal mungkin upaya penanganan darurat membuat tanggul penahan tanah dengan menggunakan karung dan membersihkan material longsoran yg menutupi badan jalan dengan bergotong royong," ucap dia.

Sebagai antisipasi ke depan, Duddy mengatakan, di musim penghujan ini, dia akan memasang rambu peringatan di sekitar lokasi untuk mengantisipasi korban jiwa.

"Kami juga akan memasang rambu-rambu peringatan," pungkas dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini