nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kanada Desak Iran Kirim Kotak Hitam Pesawat Ukraina yang Ditembak ke Prancis

Alifa Muthia Diningtyas, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 14:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 06 18 2164342 kanada-desak-iran-kirim-kotak-hitam-pesawat-ukraina-yang-ditembak-ke-prancis-KNr9Npy54v.jpg Dua petugas di lokasi jatuhnya pesawat Ukraina yang ditembak Iran. (Foto/Fars News/Mahdi Khanlari/Wikimedia)

OTTAWA - Menteri Luar Negeri Kanada Francois-Philippe Champagne mendesak Iran untuk segera mengirim kotak hitam pesawat Ukraina yang ditembak ke Prancis guna menganalisis data.

Champagne berbicara kepada Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif dan menekankan Teheran harus mengatur pengunduhan dan analisis perekam data penerbangan segera.

"Agar Iran menggunakan fasilitas yang ditawarkan oleh Perancis, yang memiliki kapasitas teknis untuk melakukan pekerjaan ini,” kata dia melansir Reuters, Kamis (6/2/2020).

Baca juga: Pilot Bersikeras Pesawat Ukraina Ditembak Rudal

Baca juga: Rekaman Rahasia Bocor, Iran Hentikan Kerja Sama dengan Ukraina

Pada Januari lalu, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan bahwa kotak hitam itu telah rusak, dan Prancis adalah satu dari segelintir negara yang mampu menguraikan data dari kotak hitam pesawat.

Sebelumnya, Champagne juga mengatakan kepada awak media bahwa ia dan Menteri Transportasi Kanada, Marc Garneau telah bertemu dengan kepala Organisasi Penerbangan Sipil Internasional untuk meminta bantuan demi memastikan bahwa perekam penerbangan dan kokpit dikirim ke Prancis.

Pesawat Ukraine International Airlines 752 jatuh pada 8 Januari 2020. Pada awalnya menolak bertanggung jawab atas insiden tersebut. Namun Iran kemudian mengakui bahwa militernya telah menembak pesawat, yang menewaskan 178 semua orang di dalam pesawat.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini