nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PM Malaysia Mahathir Mohamad: Saya Kritik Trump untuk Selamatkan Amerika

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 15:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 11 18 2166789 pm-malaysia-mahathir-mohamad-saya-kritik-trump-untuk-selamatkan-amerika-Wpr5MdBxW3.jpg Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. (Foto/Chatham House/Wikimedia))

KUALA LUMPUR – Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan bahwa kritiknya kepada Presiden Donald Trump untuk menyelamatkan Amerika Serikat (AS).

Perdana Menteri mengatakan kritik itu tidak ditujukan terhadap publik AS.

"Orang Amerika adalah orang baik, tetapi bukan Presiden Trump. Saya memintanya untuk mengundurkan diri untuk menyelamatkan Amerika," katanya kepada wartawan setelah dialog dengan perusahaan Prancis yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang dan Industri Prancis Malaysia (CCIFM), mengutip Strait Times, Selasa (11/2/2020).

Baca juga: Uni Eropa Tolak Rencana Perdamaian Timur Tengah Trump

Baca juga: Rencana Perdamaian Timur Tengah Trump, Indonesia Desak Anggota OKI Bersatu untuk Palestina

Pada Sabtu 8 Februari 2020, Mahathir mengatakan bahwa Trump harus mengundurkan diri setelah mengumumkan rencana perdamaian Timur Tengah, yang mencakup pengakuan AS atas Yerusalem sebagai ibu kota untuk Israel.

Kedutaan Besar AS di Malaysia menyatakan kekecewaan atas pernyataan Mahathir. Pernyataan itu "tidak dalam semangat konstruktif yang berfungsi sebagai landasan lama antara kedua negara," isi pernyataan Kedubes AS di Malaysia.

“Deal of Century atau Kesepakatan Abad Ini” berisi proposal perdamaian Timur Tengah, yang termasuk di dalamnya mengharuskan negara Palestina di masa yang akan datang untuk "didemiliterisasi", sementara meresmikan kedaulatan Israel atas pemukiman yang dibangun di wilayah yang diduduki.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini