nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trump Kucurkan Dana Militer Rp52 Triliun Bangun Tembok Perbatasaan AS-Meksiko

Agregasi VOA, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 11:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 14 18 2168338 trump-kucurkan-dana-militer-rp52-triliun-bangun-tembok-perbatasaan-as-meksiko-5MMQYAs4dK.jpg Presiden AS Donald Trump. (Foto/White House)

WASHINGTON - Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengucurkan dana sebesar USD3,8 miliar (sekira Rp52 triliun) untuk membiayai pembangunan tembok perbatasan Amerika-Meksiko.

Persetujuan dana itu membuat Partai Demokrat dan Republikm partai yang mendukung trump, marah.

Kementerian Pertahanan AS pada Kamis 13 Februari 2020, akan mentransfer uang itu dari unit Garda Nasional, pengadaan pesawat dan pembuatan kapal ke rekening anti-narkoba guna membiayai pembangunan tembok baru.

Foto/White House

Langkah itu, yang diumumkan dalam dokumen "pemrograman ulang" yang diserahkan kepada anggota Kongres, menuai kritik pedas Mack Thornberry, ketua fraksi Republik Komisi Angkatan Bersenjata dari Texas.

Demokrat juga mengecam transfer itu, tetapi Trump tidak menghadapi konsekuensi ketika melakukan transfer serupa tahun lalu.

Tindakan Trump itu dilakukan kurang dari dua bulan setelah ia menandatangani paket alokasi besar menjadi undang-undang. Ia tidak memedulikan anggota Kongres dari kedua fraksi tahun lalu ketika mengalihkan dana dari proyek-proyek yang populer di pangkalan militer.

Anggaran fiskal 2021 Trump, yang baru dirilis pada Senin (10/2/2020) kemarin, berisi permintaan USD2 miliar (sekira Rp27 triliun) untuk tembok perbatasan, kurang dari jumlah yang diminta Trump tahun lalu.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini