Makam Bupati Pertama Wonogiri Akan Dijadikan Tempat Wisata Sejarah

Agregasi Solopos, · Selasa 18 Februari 2020 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 18 512 2170323 makam-bupati-pertama-wonogiri-akan-dijadikan-tempat-wisata-sejarah-8TsDrv8oL0.jpg Makam bupati pertama Wonogiri, Raden Hangabehi (R Ng) Djojosoedharso, di Dusun Dringo bakal dijadikan objek wisata sejarah. (Foto: M Aris Munandar/Solopos)

WONOGIRI – Objek wisata sejarah di Indonesia akan bertambah. Kali ini di Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi yang dimaksud adalah makam bupati pertama Wonogiri yakni Raden Hangabehi (R Ng) Djojosoedharso. Makam tersebut tepatnya berada di salah satu bukit di Dusun Dringo, Desa Wonoharjo, Kecamatan Nguntoronadi, Wonogiri.

Mengutip dari Solopos, Selasa (18/2/2020), makam bupati pertama Wonogiri itu akan dijadikan tempat wisata sejarah. Pusara keturunan pendiri Kesultanan Mataram, Panembahan Senopati, tersebut berjarak 1,5 kilometer dari Jalan Raya Wonogiri–Pacitan.

Medan jalan menuju makam Raden Hangabehi (R Ng) Djojosoedharso memiliki kontur menanjak sepanjang 700 meter. Jalan tanjakan itu mulai dibeton kanan-kirinya pada 2010 hingga 2014. Dari bukit di Dusun Dringo tersebut terlihat Waduk Gajah Mungkur.

Pemerintah Desa Wonoharjo pada 2016 membuat lokasi parkir di sebalah barat area makam. Pembangunan ini menggunakan dana desa.

Pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui Dinas Sosial, pada 2017 merenovasi makam dengan mendirikan pagar, memasang keramik, serta membuat gapura kecil bertuliskan 'Makam Bupati Pertama Wonogiri'.

Masih pada tahun yang sama, salah satu keturunan dari R Ng Djojosoedharso membangun gapura pintu masuk, tepatnya di jalan yang mulai menanjak menuju bukit tersebut.

Pemerintah Desa Wonoharjo beserta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) asal Nguntoronadi juga membuatkan rumah untuk juru kunci makam.

Hal itu sebagai fasilitas agar juru kunci makam bisa menjaga kebersihan dengan baik. Semua upaya tersebut dilakukan untuk merawat dan melestarikan sejarah di Kabupaten Wonogiri.

Juru kunci makam, Mardi, membenarkan saat ini pusara bupati pertama Wonogiri mulai didatangi orang-orang dari berbagai daerah untuk berziarah. Dia pun mendukung rencana menjadikan makam tersebut sebagai objek wisata sejarah.

"Sejak jalan ke sini diperbaiki dan kondisi sekitar makam mulai dibersihkan, banyak peziarah yang berdatangan," ungkapnya kepada Solopos, Jumat 14 Februari 2020, di makam tersebut.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini