Banjir di Lombok Timur Telah Surut, Masyarakat dan Petugas Mulai Bersih-Bersih

Achmad Fardiansyah , Okezone · Senin 24 Februari 2020 09:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 24 340 2173063 banjir-di-lombok-timur-telah-surut-masyarakat-dan-petugas-mulai-bersih-bersih-YojqgUFCG8.jpg Lokasi banjir di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur. (Foto: BNPB)

MATARAM – Petugas masih terus memberikan penanganan terhadap para korban banjir bandang di Dusun Melempo dan Mentareng, Desa Obel-obel, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

BPBD setempat dan sejumlah pihak bekerja sama dalam upaya darurat menangani korban-korban yang harus mengungsi. Mereka mengungsi di tenda-tenda dan musala yang berada di Dusun Melempo.

Baca juga: Banjir Bandang Landa Lombok Timur NTB 

"Banjir telah surut. Sisa material banjir bandang dan lumpur masih terus dibersihkan oleh masyarakat yang dibantu petugas," jelas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo dalam keterangannya di situs resmi BNPB, Senin (24/2/2020).

Ia menerangkan, supai air bersih untuk para korban banjir bandang juga disalurkan melalui mobil damkar. Kemudian ada bantuan logistik lain berupa makanan dan air mineral.

Agus mengungkapkan, lebih dari 150 personel gabungan membantu upaya penanganan darurat tersebut. Mereka berasal dari TRC BPBD, SAR, Satpol PP, Bakesbangpol Depdagri, Dinas Perhubungan, Dinas PUPR, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, pemerintah kecamatan, Forkopimda Sambelia, TNI, dan Polri.

Sebagaimana diberitakan, banjir bandang di Dusun Melempo dan Mentareng, Desa Obel-Obel, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, NTB, pada Minggu 23 Februari 2020, sekira pukul 16.00 Wita, disebabkan cuaca ekstrem sejak beberapa hari terakhir.

Baca juga: Banjir Bandang Landa Lombok Timur, 250 Warga Mengungsi 

"Curah hujan yang cukup intens selama seminggu terakhir dan dalam beberapa hari ke depan dengan skala rendah-sedang-tinggi di wilayah Kabupaten Lombok Timur," ungkap Agus Wibowo.

Selain itu, jelas dia, banjir disebabkan jebolnya tanggul Sungai Melempo.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini