nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berusaha Selamatkan Kesepakatan Nuklir Iran, Negara-Negara Anggota Bertemu di Wina

Agregasi VOA, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 14:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 27 18 2174974 berusaha-selamatkan-kesepakatan-nuklir-iran-negara-negara-anggota-bertemu-di-wina-s9RTIRVrkX.jpg Pertemuan JCPOA di Wina, Austria, Juni 2019. (Foto: Reuters)

WINA – Negara-negara anggota yang masih berkomitmen terhadap kesepakatan program nuklir Iran bertemu di Wina pada Rabu, 26 Februari 2020. Ini merupakan pertemuan pertama negara-negara itu sejak Jerman, Inggris, dan Prancis mulai membahas prosedur mengenai pemberlakuan kembali sanksi PBB terhadap Iran.

Pembicaraan itu dilangsungkan ketika para peserta kesepakatan berupaya menyelamatkan perjanjian bersejarah, Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), yang goyah sejak presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menarik diri secara sepihak dan memberlakukan sanksi berat yang melumpuhkan Iran pada 2018.

BACA JUGA: Prancis Sebut Iran Bisa Punya Bom Nuklir dalam Waktu Singkat

Diwartakan VOA, Kamis (27/2/2020), pertemuan itu akan dihadiri oleh diplomat senior dari Iran, Inggris, Prancis, Jerman, China, Rusia dan Uni Eropa.

Mereka berjanji untuk menjunjung tinggi kesepakatan yang menuntut Iran mengurangi program pengembangan senjata nuklirnya dengan imbalan pelonggaran sanksi-sanksi, meski tanpa dukungan AS.

BACA JUGA: Tak Lagi Pedulikan Perjanjian Nuklir, Iran Hapuskan Batasan Pengayaan Uranium

Sejak AS mundur dari kesepakatan yang ditandatangani pada 2015 itu, Iran telah meningkatkan program pengembangan senjata nuklirnya sebagai wujud pembangkangan terhadap usaha Washington yang mengupayakan tekanan maksimum terhadap Teheran.

Iran telah melanggar batas penimbunan air berat dan uranium yang diperbolehkan, jumlah dan tipe sentrifugal yang dapat dioperasikan untuk memperkaya uranium dan kemurnian uranium.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini