Peringati 5 Tahun Kesepakatan Nuklir, Iran Siap Pertahankan JCPOA

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 16 Juli 2020 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 18 2247443 peringati-lima-tahun-kesepakatan-nuklir-iran-tegaskan-kesiapan-pertahankan-jcpoa-4q1BRdpEZU.jpg Foto: Reuters.

JAKARTA – Iran memperingati lima tahun disepakatinya kesepakatan nuklir Rencana Aksi Komprehensif Bersama (Joint Comprehensive Plan of Action JCPOA), yang ditandatangani dengan lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB+1, yaitu Rusia, China, Amerika Serikat, Prancis, Inggris, dan Jerman, pada 14 Juli 2015.

Sayangnya, menurut Iran, di tahun kelima ini, JCPOA yang dianggap sebagai produk diplomasi multilateral yang mendapat dukungan luas dunia internasional, telah terkikis oleh keluarnya AS dari JCPOA secara sepihak pada 8 Mei 2018 dan tidak adanya keinginan pihak-pihak lain untuk penggantian keseimbangan yang hilang pada JCPOA.

“Ini telah memperumit situasi saat ini dan secara nyata membuat Republik Islam Iran yang patuh terhadap kewajibannya tidak dapat memanfaatkan hasil dari JCPOA antara lain pencabutan sanksi nuklir,” demikian disampaikan Kedutaan Besar Iran di Jakarta dalam keterangan pers yang diterima Okezone, Kamis (16/7/2020).

Iran menyatakan telah bekerja sama secara konstruktif dengan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) seharusnya mendapat manfaat ekonomi dari pencabutan sanksi seperti yang diatur dalam perjanjian.

Terlepas dari itu, Iran meyakini JCPOA saat ini belum memiliki alternatif dan seharusnya dipertahankan oleh anggota-anggota yang tersisa dengan fokus pada implementasi perjanjian tersebut dengan seimbang dan tekad baik.

“Republik Islam Iran menegaskan kembali kesiapannya untuk mempertahankan dan sepenuhnya mengimplementasikan seluruh ketentuan JCPOA oleh semua pihak dalam perjanjian ini, khususnya terkait pentingnya bagi Iran untuk mendapatkan manfaat penuh dari hasil ekonomi mekanisme pencabutan sanksi seperti yang ditentukan dalam JCPOA.”

Iran mendesak negara-negara anggota yang tersisa, terutama tiga negara Eropa mematuhi komitmen mereka terhadap JCPOA dan tidak mengikuti arah kebijakan AS yang melakukan tekanan penuh pada Iran. (dka)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini