nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deposito Sunda Empire Senilai 500 Juta Dolar AS di Bank Swiss Terbukti Fiktif

CDB Yudistira, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 13:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 27 525 2174924 deposito-sunda-empire-senilai-500-juta-dolar-as-di-bank-swiss-terbukti-fiktif-a0DBGk1K12.jpg Petinggi Sunda Empire Ki Ageng Ranggasasana (foto: iNews/Prayitno)

BANDUNG - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat telah membuktikan, uang deposito senilai 500 juta dolar Amerika Serikat yang diklaim milik petinggi Sunda Empire adalah fiktif.

Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jabar, Kombes Hendra Suhartiono mengatakan hal itu terbukti setelah pihak penyidik mengkonfirmasi ke Kedutaan Swiss, yang menyebutkan kelompok Sunda Empire tidak pernah memiliki uang deposito di bank Swiss.

Baca Juga: Polda Jabar Tolak Penangguhan Penahanan Petinggi Sunda Empire 

"Itu palsu sertifikatnya, jadi tidak bisa dibuktikan," ujar Hendra, saat dihubungi, Kamis (27/2/2020).

Sunda Empire (foto: Ist) 

Sebelumnya diketahui, salah seorang tersangka dalam kasus Sunda Empire, Nasri Bank sebagai Perdana Menteri, mengaku miliki deposito di Bank Swiss. Dengan modal itu, Nasri melakukan perekrutan terhadap para pengikut Sunda Empire.

Para anggota bergabung karena berharap bakal mendapatkan uang deposito senilai 500 juta dolar yang dijanjikan petinggi Sunda Empire.

Sementara itu, disinggung soal pengajuan penahanan, Hendra mengatakan tidak dapat mengabulkan permintaan tersebut. Ada beberapa pertimbangan penahanan tersebut tidak di penuhi.

"Kami tidak lakukan penangguhan karena ada dugaan kuat mereka akan mengulangi tindak pidana lagi, menghilangkan barang bukti dan lain-lain, jadi tidak dikabulkan, karena kan syarat penangguhan penahanan itu diatur," katanya.

Baca Juga: Polda Jabar Runtuhkan Kerajaan Sunda Empire


(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini