nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa M5,3 Guncang Bengkulu, Dirasakan hingga Empat Lawang Sumsel

Demon Fajri, Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2020 21:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 28 340 2175862 gempa-m5-3-guncang-bengkulu-dirasakan-hingga-empat-lawang-sumsel-3hFFmdLxLa.jpg Ilustrasi

BENGKULU - Gempa bumi tektonik dengan magnitudo (M) 5,3 mengguncang wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, Jumat (28/2/2020), sekira pukul 21.02 WIB

Gempa itu berada di episenter pada koordinat 4.30 Lintang Selatan (LS) dan 102.83 Bujur Timur (BT), di laut atau berjarak 19 kilometer (KM) Barat Laut Bengkulu Selatan, dengan kedalaman 122 km.

PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah menyampaikan, berdasarkan laporan dari masyarakat setempat dan peta tingkat guncangan (shake map) BMKG, dampak gempa bumi dirasakan di Kabupaten Bengkulu Selatan, Kaur, Seluma, Bengkulu Tengah, Kepahiang, Rejang Lebong dan Kota Bengkulu.

Tidak hanya itu, kata Sabar, getaran gempa juga dirasakan di Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, sampai Sabar, gempa bumi di Bengkulu Selatan merupakan gempa bumi kategori dalam akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia, yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan terjadi deformasi batuan hingga memicu terjadinya gempa bumi.

"Gempa di Bengkulu Selatan tidak berpotensi tsunami," kata Sabar, ketika di konfirmasi Okezone, Jumat (28/2/2020) malam.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi di Bengkulu Selatan, jelas Sabar, hingga saat ini belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Namun, kata Sabar, masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

Khusus masyarakat di daerah pesisir Bengkulu Selatan, imbau Sabar, agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

''Kami mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu,'' demikian Sabar.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini