Sedikitnya Enam Tewas Akibat Terjangan Longsor Salju di Austria

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 09 Maret 2020 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 09 18 2180511 sedikitnya-enam-tewas-akibat-terjangan-longsor-salju-di-austria-OGxMHhmLcT.jpg Ilustrasi.

WINA - Sedikitnya enam orang tewas dalam dua longsoran salju terpisah di Pegunungan Alpen Austria pada Minggu, 8 Maret 2020.

Berdasarkan keterangan polisi yang dilansir BBC, Senin (9/3/2020), Lima orang, yang diyakini sebagai warga negara Ceko, tewas di wilayah pegunungan Dachstein, sekitar 80 km di tenggara Salzburg. Mereka sedang berada di tengah perjalanan mendaki ketika longsoran salju terjadi di ketinggian sekira 2.800 m.

Dalam insiden terpisah, seorang polisi berusia 33 tahun tewas dalam longsoran salju di wilayah Carinthia selatan.

Kepala operasi tim penyelamat gunung setempat, Heribert Eisl mengatakan bahwa pihak berwenang telah mengerahkan tujuh helikopter untuk mengangkut sekira 100 penyelamat ke lokasi untuk mencari orang-orang yang masih hilang.

"Longsor terjadi di sisi utara Dachstein, tepat di bawah titik masuk Rankluft," kata Eisl.

"Kami mengerahkan semua staf kami, tapi sayangnya tidak ada akhir yang bahagia," tambahnya.

Secara terpisah, petugas polisi yang terbunuh di wilayah Carinthia dilaporkan ikut serta dalam latihan.

Pada Januari 2019, 60 tamu hotel lolos dari luka-luka ketika gedung mereka dilanda longsoran salju di Ramsau am Dachstein.

Longsoran itu cukup kuat untuk melemparkan kendaraan keluar dari jalurnya dan menembus jendela. Saat itu lebih dari 40.000 orang terjebak di salah satu resor ski terbesar di Austria karena risiko longsoran salju.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini