nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bernie Sander Mundur dari Persaingan Pilpres AS 2020

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 09 April 2020 17:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 09 18 2196805 bernie-sander-mundur-dari-persaingan-pilpres-as-2020-gckFLEGIOE.jpg Bernie Sanders. (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Senator Vermont, Bernie Sanders pada Rabu (8/4/2020) mengakhiri kampanyenya untuk duduk di Gedung Putih, membuka jalan bagi mantan Wakil Presiden Joe Biden untuk berhadapan dengan Presiden Petahanan Donald Trump dalam pemilihan presiden 3 November mendatang.

Sanders yang sempat unggul jauh dalam persaingan kandidat calon presiden Partai Demokrat mengatakan bahwa dia tidak lagi memiliki jalan untuk meraih kemenangan setelah menderita serangkaian kekalahan dari Biden dalam pemilihan pendahuluan. Meski begitu dia berjanji untuk bekerja sama dengan mantan saingannya yang lebih moderat untuk menggulingkan Trump.

Diwartakan Reuters, pria berusia 78 tahun itu mengatakan wabah virus corona (COVID-19) yang telah memaksanya menanguhkan kampanyenya dan membatasi kemampuannya untuk menyampakan pesannya, membutuhkan tanggapan luas dan perhatian mendesak di Kongres.

"Saya tidak bisa dengan hati nurani terus melakukan kampanye yang tidak bisa (saya) menangi, dan yang akan mengganggu pekerjaan penting yang diperlukan dari kita semua di Waktu yang sulit ini," kata Sanders dalam pidato yang disiarkan kepada para pendukung dari kota asalnya di Burlington, Vermont.

Sanders menyebut keputusan yang diambilnya “sulit dan menyakitkan" tetapi mengatakan ia akan tetap memberikan suara dalam pemilihan pendahuluan di masa depan dan terus mengumpulkan delegasi untuk mendorong platform Demokrat menuju agenda anti-korporat populis, termasuk sistem kesehatan yang dikelola pemerintah dan kenaikan pajak untuk orang kaya.

Dengan mundurnya Sanders, Biden menjadi satu-satunya kandidat yang tersisa dan akan menghadapi Trump, yang tengah berusaha kembali terpilih untuk masa jabatan kedua.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini