nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usai Terbakar, Proyek Pertamina CPP Gas Gundih Di-Shutdown

Taufik Budi, Jurnalis · Kamis 09 April 2020 17:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 09 512 2196788 usai-terbakar-proyek-pertamina-cpp-gas-gundih-di-shutdown-Zvm8CPe22D.jpg

BLORA – Api sempat membumbung tinggi Central Processing Plant (CPP) Gas Gundih di Blora, Jawa Tengah. Kini api telah berhasil dipadamkan dan dipastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa yang menggegerkan warga tersebut.

"Ya setelah mendapatkan informasi perihal kejadian adanya gangguan di area Thermal Oxidizer (TOX) di CPP Gundih tadi pagi sekitar jam 09.40 WIB. Saya segera menuju Cepu untuk memastikan kondisi di lapangan,” kata Asset 4 General Manager PT Pertamina EP Agus Amperianto, Kamis (9/4/2020).

“Alhamdulillah segera tertangani dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," ujar dia.

Baca Juga: Proyek Gas Pertamina di Blora Terbakar, Api Membumbung Tinggi

Agus tiba di lokasi CPP Gundih sekira pukul 15.00 WIB. Dia menyampaikan seluruh operasi di CPP Gundih dan sumur sudah di-shutdown untuk stabilisasi, untuk kemudian tetap dilakukan pendinginan di seluruh fasilitas di CPP Gundih.

"Area TOX itu adalah salah satu fasilitas dari rangkaian proses pengolahan gas dari dalam bumi hingga bisa dikirimkan ke konsumen. Jadi dengan dilakukan pendinginan seluruh area saya ingin memastikan fasilitas lainnya dalam kondisi aman juga," kata Agus.

Thermal Oxidizer (TOX) adalah semacam insenerator, ada pembakaran campuran bahan bakar (gas CH4), udara dan media yang dibakar (gas inert dan H2S +CO2).

"Sederhananya fungsi TOX adalah untuk memastikan Gas H2S dan gas berbahaya lainnya yang masih belum terabsorbsi di proses sebelumnya, tidak terlepas ke lingkungan," jelasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini