Wonogiri Segera Berlakukan Tilang Elektronik Gunakan CCTV

Agregasi Solopos, · Selasa 14 April 2020 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 14 512 2198965 wonogiri-segera-berlakukan-tilang-elektronik-gunakan-cctv-vfKKXzi112.jpeg Kamera CCTV di perempatan Ponten kawasan pusat Wonogiri. (Foto: Solopos/Espos/Rudi Hartono)

WONOGIRI – Tilang elektronik menggunakan kamera closed circuit television (CCTV) segera diberlakukan di Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Penerapannya pun ditargetkan dimulai pada Juni 2020.

Hingga kini sedikitnya tiga kamera CCTV terpasang di sekitaran pusat Wonogiri. Masing-masing ada di perempatan Ponten, perempatan Wonokarto dekat Mapolsek Wonogiri Kota, dan persimpangan Terminal Giri Adipura, Krisak, Selogiri (Terminal Krisak).

Mengutip dari Solopos, Selasa (14/3/2020), kemudian terdapat juga sarana pendukung speedcam yang dipasang di tengah ruas jalan depan Kantor Kecamatan Selogiri-Terminal Krisak (Jalan Raya Solo–Wonogiri).

Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Hendrie Suryo Luquisasono memastikan tidak akan lama lagi pihaknya menerapkan ETLE. Sebelum diberlakukan, pihaknya akan menyosialisasikan dan mengujicobanya terlebih dahulu selama sebulan.

Setelah masyarakat mengetahui, terang dia, ETLE bakal diberlakukan secara efektif. Diperkirakan pemberlakuan tilang elektronik di Wonogiri dimulai pada Juni mendatang.

Hendrie menyatakan pengguna jalan yang terpantau melanggar aturan lalu lintas di persimpangan dan ruas jalan yang terpasang CCTV/speedcam akan ditilang secara otomatis.

Pelanggaran itu antara lain tidak mengenakan helm, berhenti di garis aman, berhenti melampaui markah jalan, menerobos lampu rambu (traffic light), tak memasang sabuk pengaman, dan lainnya.

Bahkan, lanjut dia, sopir yang tidak memasang sabuk pengaman akan terlihat meski mobil berada cukup jauh dari CCTV.

"Kalau speedcam otomatis akan merekam dan mencatat pelanggar yang berkecepatan lebih dari 80 kilometer per jam. Polda Jateng menetapkan kecepatan maksimal kendaraan di jalur itu 80 km/jam," jelas Hendrie.

Integrasi dengan CCT Dishub

Dia menyatakan CCTV yang akan digunakan tidak hanya di tiga lokasi tersebut. Satlantas akan mengintegrasikan sistem ETLE dengan CCTV milik Dinas Perhubungan Wonogiri selama sarana memadai.

Hendrie mendapat informasi Dishub bakal memasang CCTV untuk memantau arus lalu lintas di beberapa persimpangan, seperti perempatan Pokoh.

Kepala Dishub Wonogiri Ismiyanto sebelumnya menginformasikan mendapat anggaran APBD 2020 senilai Rp200 juta untuk pengadaan kamera CCTV dan membangun comand center (CC) room atau ruang kendali.

Dishub akan memasang 12 unit kamera CCTV di tiga persimpangan, meliputi Ponten, Wonokarto, dan Pokoh. Masing-masing persimpangan dipasang empat unit CCTV di empat sisi.

Namun, Ismiyanto belum dapat memastikan kapan kamera CCTV bakal dipasang. Sebab, pengadaan butuh proses lebih lanjut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini