Pertama Kali Terjadi, Pembelot Korut Menangkan Kursi di Parlemen Korsel

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 16 April 2020 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 16 18 2199997 pertama-kali-terjadi-pembelot-korut-menangkan-kursi-di-parlemen-korsel-nBypBqCgNU.jpg Thae Yong Ho. (Foto: AFP)

SEOUL – Mantan diplomat Korea Utara yang membelot, Thae Yong-ho terpilih untuk duduk di parlemen Korea Selatan setelah memenangi pemilihan legislatif pada Kamis, 16/4/2020. Dia menjadi pembelot Korea Utara pertama yang menjabat di parlemen Korea Selatan.

Thae yang pernah menjabat sebagai wakil duta besar Korea Utara untuk Inggris membelot pada 2016 bersama dengan keluarganya. Dia adalah warga Korea Utara dengan jabatan tertinggi yang pernah membelot.

Pria berusia 57 tahun itu mencalonkan diri sebagai kandidat utama oposisi Partai Masa Depan Persatuan di distrik kaya Gangnam, Seoul.

Dia menang dengan 58,4% suara dan terlihat menangis setelah kemenangannya diumumkan.

Sebelumnya, Thae mengatakan bahwa dia berharap pencalonannya akan mengirim pesan kepada para elit di Korea Utara tentang apa yang bisa terjadi jika mereka membelot dari rezim Kim Jong-un.

"Saya ingin memberi tahu mereka bahwa ada jalan baru untuk masa depan mereka," katanya sebagaimana dilansir BBC pada Kamis.

Korea Selatan mengadakan pemilihan parlementer pada Rabu (15/4/2020) yang mencatatkan jumlah pemilih 66,2%, meskipun dilangsungkan di tengah wabah virus corona.

Partai Presiden Moon Jae-in, Partai Demokrat, memperoleh kemenangan besar dengan mengambil 163 kursi dari 300 kursi di Majelis Nasional.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini