Kesulitan Ekonomi Akibat Corona, "Iron Man" Jualan Takjil

Fathnur Rohman, Okezone · Kamis 30 April 2020 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 30 525 2207173 kesulitan-ekonomi-akibat-corona-iron-man-jualan-takjil-jIpbKtQoFj.jpg "Iron Man" berjualan takjil Ramadhan. (Foto: Okezone.com/Fathnur Rohman)

CIREBON - Kondisi ekonomi masyarakat menengah ke bawah di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat terganggu akibat pandemi virus corona (Covid-19). Bahkan, tidak sedikit dari mereka terpaksa kehilangan pekerjaannya.

Salah satu yang mengalami hal tersebut adalah Muhammad Zainus. Pemuda asal Desa Kelayan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat ini harus rela sumber pendapatannya menghilang akibat virus corona.

Sebelum pandemi merebak, dalam kesehariannya pria yang akrab disapa Zoni ini sering menghibur para pengunjung di salah satu mal di Cirebon dengan berkostum robot. Selain itu, dia juga kerap dipanggil untuk mengisi acara-acara tertentu.

"Kalau weekend saya menghibur di mal. Selain itu saya juga sering dipanggil ke acara-acara," kata Zoni saat ditemui Okezone, Kamis (30/4/2020).

(Foto: Fathnur Rohman/Okezone)

Dari kegiatannya itu ia bisa mendapat uang sebesar Rp200 ribu sampai Rp500 ribu. Namun, imbas dari pandemi, undangan untuk mengisi acara menjadi sepi. Dia juga tidak bisa menghibur para pengunjung karena mal yang biasa ia datangi tutup sementara.

"Di mal sekalinya bisa Rp200 ribu. Tapi saat ini malnya tutup. Kalau acara-acara biasa bisa dapat Rp300 ribu sampai Rp500 ribu. Tapi sekarang lagi sepi," ujar Zoni.

Tidak Menyerah

Meski harus kehilangan sumber pendapatannya, Zoni mengaku tidak mau menyerah. Saat ini ia mencoba beralih profesi dengan berjualan takjil selama Ramadhan.

Zoni menjual takjil dengan cara yang cukup berbeda. Dia selalu mengenakan kostum tokoh pahlawan super Iron Man saat menjajakan takjilnya di Jalan Raya Sunan Gunung Jati, Desa Kelayan, Kabupaten Cirebon.

"Saya tidak mau menyerah. Saya mencoba menjual takjil dengan mengenakan kostum Iron Man," ucap Zoni.

Menurutnya, kostum Iron Man yang ia gunakan bisa menjadi daya tarik dan mengundang pembeli. Tidak jarang pembeli merasa sangat antusias karena ia menggunakan kostum tersebut saat berjuaalan. Bahkan para pembeli pun dapat berswafoto bersamanya.

Zoni bercerita, kostum koleksinya tidak hanya kostum Iron Man, tapi juga ada kostum robot Gundam dan kostum karakter Bima Satria Garuda.

"Dengan kostum Iron Man ini allhamdulillah bisa menarik perhatian pembeli. Mereka antuasias," katanya.

Ia mengatakan, takjil yang ia jual bervariasi. Mulai dari aneka kolak, gorengan, telur asin, sambal asem, botok roti, dan sebagainya. Zoni menjajakan takjilnya pada sore hari menjelang berbuka puasa.

Zoni mengaku baru beberapa hari menjual takjil sembari menggenakan kostum Iron Man. Kendati begitu, ia merasa senang bisa berjualan takjil dengan cara seperti ini. Sebab, dirinya ingin menghibur anak-anak yang lewat di depan tempatnya berjualan.

Bahkan Zoni pun tidak menyoalkan bila mereka tidak membeli takjil yang ia jajakan. "Mau beli atau tidak, yang penting mereka terhibur. Saya sangat senang bisa menghibur anak-anak yang lewat," ucap Zoni.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini