Suasana Parlemen Hong Kong Kacau Setelah Perkelahian Antaranggota Komite Pecah

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 08 Mei 2020 18:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 08 18 2211214 suasana-parlemen-hong-kong-kacau-setelah-perkelahian-antaranggota-komite-pecah-8se6TGNIG2.jpg Foto: Reuters.

HONG KONG – Anggota parlemen di Hong Kong terlibat dalam sebuah perkelahian di mana mereka saling mendorong dan berteriak di saat persaingan untuk memilih ketua komite utama semakin panas.

Diwartakan RT, tidak lama setelah rapat panel pendidikan berakhir sekira pukul 1:15 siang waktu setempat, ketua komite Starry Lee Wai-king melompat ke podium untuk mengambil alih kendali rapat. Namun, upayanya dihalangi oleh kubu berlawanan, sementara para anggota parlemen dari kubu yang sepihak berusaha melindunginya.

Dalam video yang beredar terlihat Lee Wai-king diapit oleh sekutunya dan penjaga keamanan ketika anggota parlemen oposisi berusaha untuk mencegahnya mencapai podium.

Anggota parlemen dari pihak oposisi dengan tergesa-gesa berusaha mencegahnya naik podium, dengan masing-masing pihak menuduh pihak lain secara tidak sah berusaha mengambil alih kendali atas sesi tersebut.

Pembuat undang-undang yang berpusat di Beijing menuduh oposisi melakukan filibuster untuk mencegah disahkannya rancangan undang-undang (RUU) penting, seperti RUU Lagu Kebangsaan Nasional, yang mendefinisikan bagaimana orang harus mendengarkan lagu China, "March of the Volunteers". Filibuster adalah pidato panjang untuk mengulur waktu, biasanya dilakukan agar batas waktu pengesahan RUU terlewati.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini