Tim Labfor Polri Akan Periksa Kapal Tanker yang Terbakar di Belawan

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Kamis 14 Mei 2020 23:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 14 608 2214304 tim-labfor-polri-akan-periksa-kapal-tanker-yang-terbakar-di-belawan-Kk9rGeIwCY.jpeg Foto: Humas Polda Sumut

MEDAN - Tim dari Laboratorium Forensi Mabes Polri Cabang Polda Sumatera Utara telah melakukan pemeriksaan di sisi luar kapal tanker MT JAG Leela. Rencananya besok tim labfor akan melakukan pemeriksaan di sisi dalam kapal yang hangus terbakar itu.

Hal tersebut diungkapkan Kapolda Sumatera Utara, Irjen Martuani Sormin saat meninjau langsung ke lokasi kebakaran kapal MT JAG Leela di galangan kapal PT Waruna Nusa Sentana Shipyard di Pelabuhan Belawan, Medan, Kamis (14/5/2020).

Menurut Martuani, pemeriksaan sisi dalam kapal dibutuhkan untuk memberikan secara utuh gambaran penyebab kebakaran kapal tanker tersebut.

"Iya besok tim labfor akan periksa ke sisi dalam. Karena sisi luar sudah diperiksa hari ini," sebut Martuani.

Sembari melakukan peninjauan, Kapolda Sumut menyarankan agar para perancang kapal dapat membuat perencanaan yang baik dan tidak hanya berpangku dengan satu cara. Sehingga jika terjadi keadaan darurat para penumpang didalam kapal dapat menyelamatkan diri.

"Seperti halnya dengan pembuatan tangga dibagian sisi tertentu kapal untuk menjadi akses jalur keluar untuk menyelamatkan diri," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, kapal tanker MT JAG Leela terbakar saat tengah ditambatkan (docking) untuk menjalani perawatan di galangan kapal milik PT Waruna Nusa Sentana Shipyard di Pelabuhan Belawan, Senin, 11 Mei 2020, sekitar pukul 08.30 WIB.

Akibat kebakaran itu, hampir seluruh bagian badan kapal hangus terbakar. Kebakaran juga merenggut 7 nyawa dan menyebabkan 22 orang terluka.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini