Share

Pandemi Covid-19, Kolombia Perketat Restriksi di Perbatasan dengan Brazil

Agregasi VOA, · Jum'at 15 Mei 2020 23:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 15 18 2214864 pandemi-covid-19-kolombia-perketat-restriksi-di-perbatasan-dengan-brazil-5KycWbtxcB.jpg Warga Leticia, Kolombia mencuci pakaian di tepi Sungai Amazon. Pemerintah memperketat restriksi di kawasan ini. (Foto: AFP)

KOLOMBIA, Kamis 4 Mei 2020 malam, meluncurkan langkah-langkah baru yang bertujuan untuk menghentikan kenaikan jumlah kasus baru virus corona di dekat perbatasan dengan Brazil. 

Presiden Iván Duque mengatakan penduduk di kawasan Amazon diinstruksikan untuk tetap tinggal di rumah kecuali untuk perjalanan penting untuk mencari makanan atau bantuan medis. Militer juga mengirimkan tentara untuk memperkuat keamanan perbatasan.

Restriksi terbaru ini dimaksudkan untuk membantu sistem rumah sakit di Kolombia yang kewalahan dan untuk memberikan pengamanan bagi warga pribumi wilayah Amazon, di mana terjadi lonjakan kasus COVID-19.

Baca juga: Temuan Kasus Corona Ancam Anak-Anak dengan Sindrom Inflamasi Langka

AP menyebutkan bahwa Organisasi Pribumi Nasional Kolombia melaporkan 146 kasus COVID-19 dan enam kematian di antara populasi di sana.

Presiden Duque mengatakan Kolombia menghadapi situasi yang dapat berubah genting mengingat berbagai perbedaan, berdasarkan sudut pandang epidemiologi, dengan negara-negara tetangganya.

Presiden Brazil Jair Bolsonaro menolak langkah-langkah anti-COVID dan mengkritik banyak pemimpin lokal di negaranya karena menutup bisnis di Brazil, yang memiliki tingkat tertinggi COVID-19 di Amerika Latin.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini