Lagi, Viral Video ABK Indonesia Dibuang Kapal China

Rachmat Fahzry, Okezone · Senin 18 Mei 2020 09:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 18 18 2215696 lagi-viral-video-abk-indonesia-dibuang-kapal-china-mAfLMBp29P.JPG Momen ABK Indonesia yang bekerja ci kapal China dilarung ke laut. (Foto/Facebook Suwarno Cawo Swe)

JAKARTA – Kembali terjadi lagi. Sebuah video memperlihatkan seorang anak buah kapal ((ABK) asal Indonesia yang bekerja di kapal China dibuang ke laut.

Video diunggah oleh akun Facebook Suwarno Cawo Swe pada Rabu 15 Mei 2020. Ia mengunggah 3 video.

Dalam video pertama terlihat seorang laki-laki dibantu 3 pria karena dia kesulitan berdiri. Salah seorang pria berusaha membopong pria yang disebut mengalami lumpuh karena mengalami penganiayaan

“Detik-detik pelarungan ABK Indonesia yang dibuang di laut somalia oleh kapal China dengan nama kapal LUQING YUAN YU 623 dan perbudakan sekaligus penganiayaan main pukul tendang,pukul pakai pipa besi,botol kaca dan setrum pelumpuh,” tulis Suwarno.

Ia menambahkan bahwa para ABK Indonesia mendapat perlakuan tidak layak saat bekerja.

“ABK indonesia sakit dipaksa kerja, tidak punya perikemanusiaan kakinya lumpuh tidak bisa berjalan dan sampai meninggal dunia.

“Rekan2 kerja ABK tersebut sekarang di pindah ke kapal LU HUANG YUAN YU 115 padahal mereka inginkan pulang tapi tidak diperbolehkan pulang,” ungkap Suwarno.

Dalam video lainnya terlihat empat laki-laki sedang berdiskusi. Mereka terdengar seperti berbicara bahasa China. Di antara mereka terlihat jenazah jenazah yang dibungkus dengan kain. Keempat pria itu sepetinya sedang berdiskusi untuk membungkus mayat dengan plastik.

Suwarno juga mengunggah video momen mayat yang dilarung ke laut. Tampak empat pria membopong mayat ke tepi kapal lalu membuangnya ke laut. Dalam akhir video terdengar suara pria berbahasa Indonesia. “Ngapung... ngapung...”

Kasus pembuangan mayat ABK WNI oleh kapal China sebelumnya ramai diberitakan media Korea Selatan.

Tiga ABK WNI yang bekerja di kapal penangkap ikan China, Long Xin 629 dan Long Xin 604, dilarung antara Desember 2019 dan Maret 2020. Jasad ketiga ABK WNI tersebut dilarung atau dihanyutkan ke laut dengan perintah kapten kapal.

Para ABK yang dibuang adalah Ari berusia (24), Alphata (19) dan Sepri (24).

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini