Razia Petasan, Polisi Amankan 20 Kg Bahan Peledak di Ponorogo

Ahmad Subekhi, SUN TV · Senin 18 Mei 2020 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 18 519 2215993 razia-petasan-polisi-amankan-20-kg-bahan-peledak-di-ponorogo-P7n0gduWSt.jpg Ilustrasi. Foto: dok.Okezone

PONOROGO - Petugas Polres Ponorogo menggelar razia petasan di sejumlah tempat, hasilnya 13 orang diamankan, 20 kilogram bahan peledak disita, dan ratusan petasan diangkut sebagai barang bukti.

Sebagian yang diamankan merupakan peracik atau pembuat bahan peledak untuk petasan. Sebaian lainnya adalah penjual petasan itu sendiri.

Sementara bahan peledak yang disita berupa bubuk mesiu, belerang, sulfur, potasium dan dan potasium. Selain itu juga disita selongsongan petasan dari kertas serta ratusan petasan berbentuk biji kecil sampai ukuran besar.

Lebih lanjut Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto mengatakan pelaku diamankan dari tempat terpisah dan tidak saling kenal. Mereka membuat sendiri untuk diledakkan saat lebaran nanti, bersamaan dengan digelarnya penerbangan balon udara.

Baca Juga: Main Petasan saat Sahur, Kebakaran Hebat Hanguskan Ruko di Bekasi

Bagi sebagian warga, membunyikan petasan dan menerbangkan balon udara merupakan tradisi lebaran. Padahal menurut Arief Fitrianto tradisi ini membahayakan dan bisa menyebabkan Kematian.

Lebih lanjut Arief mengatakan pelaku akan dijerat dengan Undang Undang Darurat Tahun 1951 dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

Baca Juga: Petasan Meledak, 4 Rumah Rusak Parah 

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini