nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Habib Bahar Ditangkap Setelah 3 Hari Bebas, Ini Reaksi Kuasa Hukum

Tim Okezone, Okezone · Selasa 19 Mei 2020 07:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 05 19 525 2216251 habib-bahar-ditangkap-setelah-3-hari-bebas-ini-reaksi-kuasa-hukum-gMO2JRwAze.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

JAKARTA – Baru tiga hari bebas, Habib Bahar bin Smith kembali ditangkap dan dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pondok Rajeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar).

“Program asimilasinya dicabut karena melanggar ketentuan asimilasi," ujar Kepala Divisi Pas Kementerian Hukum dan HAM Jabar, Abdul Haris.

"Yang bersangkutan dikembalikan ke lapas Gunung Sindur. Saat diamankan, dia dijemput petugas bapas dan kalapas didampingi petugas Kepolisian Bogor," tambahnya.

Sementara pengacara Habib Bahar bin Smith, Habib Novel Bamukmin bereaksi dengan menilai tuduhan pelanggaran asimilasi yang dilakukan Habib Bahar dia tidak mendasar. Novel menganggap tidak ada pelanggaran yang dilakukan oleh kliennya tersebut.

"Saya melihat ini tidak mendasar, karena apa yang beliau langgar?" ucapnya kepada Okezone, Selasa (19/5/2020).

Baca Juga: Langgar Ketentuan Asimilasi, Habib Bahar Bakal Jalani Hukuman Setahun Lima Bulan Lagi

Habib Novel curiga penangkapan terhadap Habib Bahar lebih karena kepentingan politik. "Ini hanya diduga ada kepentingan politik," ucapnya.

Sebelumnya Habib Bahar divonis selama tiga tahun penjara dalam kasus penganiyaan anak di bawah umur. Dalam persidangan, ia didakwa dengan dua pasal primer dan 5 pasal sekunder tentang penganiayaan dan perampasan hak kemerdekaan.

Dia didakwa dengan dakwaan primer pasal 333 ayat 2 Kitab undang-undang hukum Pindahnya (KUHP) Juncto Pasal 55 Ayat (1) ke- 1 KUHP.

Namun karena kini sudah ditangkap lagi, maka Habib Bahar akan melanjutkan masa tahanannya. "(Proses penahanan lanjutannya), satu tahun lima bulan lagi," lanjut Haris.

Baca Juga: Habib Bahar Didampingi Kuasa Hukumnya saat Kembali Ditahan di Lapas

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini