nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sedang PSBB, Jamaah di Masjid Agung Baiturrohman Banyuwangi Tadarus Pakai Alquran Raksasa

Eris Utomo, iNews · Jum'at 22 Mei 2020 12:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 05 22 519 2217954 sedang-psbb-jamaah-di-masjid-agung-baiturrohman-banyuwangi-tadarus-pakai-alquran-raksasa-LxRpag7MsR.jpg Foto: iNews

BANYUWANGI - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah Pandemi virus corona (Covid-19) tidak menyurutkan umat Muslim di Banyuwangi untuk melaksanakan ibadah di bulan Ramadan 1441 H. Salah satu contohnya tadarus Alquran masih dilakukan meski dengan cara berbeda.

Jamaah di Masjid Agung Baiturrohman Banyuwangi, Jawa Timur, melaksanakan tadarus menggunakan Alquran raksasa. Sangking besarnya, untuk membuka lembar demi lembar halaman kitab suci tersebut harus dilakukan oleh dua orang.

“Bahkan sangking bersarnya untuk memindahkan atau menggeser Alquran ini harus dilakukan oleh lima sampai enam orang,” ujar Nabil, salah satu pembaca Alquran di sana beberapa waktu lalu.

Alquran ukuran raksasa ini dibuat dan ditulis oleh Haji Abdul Karim dari Pondok Pesantren Bustanul Makmur, Genteng, Banyuwangi. Kita suci itu mulai dibaca di Masjid Agung Baiturromah sejak 2011.

Alquran raksasa itu dibuat menggunakan kertas khusus yang diimpor dari Jepang dengan spesifikasi anti rayap dan bebas jamur. Proses pembuataanya menghabiskan waktu selama enam bulan.

Baca Juga: Mudik Dilarang, Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Berhenti Beroperasi 

Pada Ramadhan tahu ini, dalam satu malam para qori atau pembaca Alquran yang berjumlah tujuh hingga sepuluh orang menyelesaikan minimal tiga juz. Mereka membacanya secara bergantian dengan dibantu seorang hafidz atau penghafal Alquran untuk menyimak atau meneliti setiap ayat agar tidak salah.

Lebih lanjut, pembacaan Alquran itu sudah menerapkan physical distancing, yakni menjaga jarak aman dan bergantian membacanya. Selain itu semua jamaah harus mencuci tangan dan mengenakan masker sebelum memasuki masjid.

Para qori mengaku lebih jelas dan leluasa membaca Alquran yang berukuran besar ini. Selain ayat-ayatnya dapat terlihat dengan jelas, juga tidak perlu membuka lebar lembar halaman karena sudah ada dua orang yang membantu untuk membuka tiap halaman.

Baca Juga: Viral Perawat Hibur Pasien Corona dengan Lagu India di RSUD Banyuwangi 

Pembacaan Alquran yang memiliki tinggi 210 sentimeter, lebar 140 sentimeter, dan tebal 40 sentimeter ini bukan hanya pada bulan ramadhan saja, namun juga dibaca saat perayaan hari-hari besar Islam lainnya seperti Idul Adha dan tahun baru hijriah.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini