nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bayi Usia Satu Bulan Sembuh dari Virus Corona Berkat Obat Racikan

Rachmat Fahzry, Okezone · Sabtu 23 Mei 2020 13:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 05 23 18 2218499 bayi-usia-satu-bulan-sembuh-dari-virus-corona-berkat-obat-racikan-RxU0DUTZbJ.jpg Ilustrasi. (Foto/Shutterstock)

BANGKOK - Seorang bayi berusia satu bulan di Thailand sembuh dari Covid-19 berkat bantuan tim medis serta penggunaan racikan sejumlah obat antivirus, menurut seorang dokter anak di Bangkok.

Visal Moolasart, dokter anak yang merawat bayi tersebut di Institut Penyakit Menular Bamrasnaradura, mengatakan tim medis memutuskan menggunakan empat obat antivirus setelah berdiskusi dengan beberapa dokter spesialis farmakologi dan pakar medis lainnya.

"Strategi yang dipakai untuk menangani anak ini adalah memberikannya obat-obatan selama 10 hari," papar Visal kepada kantor berita Reuters mengutip BBC, Sabtu (23/5/2020).

"Kami memeriksa kesehatannya setiap hari. Selang tiga sampai lima hari sesudah itu, hasil sinar-X menunjukkan tanda-tanda pemulihan secara bertahap," tambahnya.

Foto/PBS Thai

Visal menekankan bahwa tim medis menghadapi tantangan mengingat ada sejumlah obat tertentu yang tidak boleh dikonsumsi bayi berusia di bawah satu tahun.

Meski demikian, Visal tidak merinci obat macam apa yang diberikan kepada bayi tersebut sampai dia pulih.

Saat ini lebih dari 150 obat-obatan sedang diteliti di seluruh dunia. Sebagian besar di antaranya adalah obat yang diujicobakan untuk mengobati virus corona.

Berat badan naik

Bayi itu telah pulang ke provinsi Rayong, setelah hampir 20 hari dirawat di Institut Penyakit Menular Bamrasnaradura di provinsi Nonthaburi.

Bayi itu, dinamai Kin Kin oleh perawat. Ia terbukti bersih dari virus setelah menjalani tiga tes, menurut Wakil Menteri Kesehatan Masyarakat Satit Pitutacha dalam posting Facebook-nya.

Dia menceritakan bahwa bayi itu dalam sehat, imut, dan hanya menangis saat malam hari untuk menyusu. Dia mengatakan anak itu mengalami kenaikan berat badan saat di rumah sakit, dari 5kg menjadi 5,8kg.

Kin Kin adalah pasien virus corona keenam dari provinsi Rayong. 

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini