Bentrok di Perbatasan dengan China, Tentara India Dilaporkan Tewas Akibat Lemparan Batu

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 16 Juni 2020 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 18 2231087 bentrok-di-perbatasan-dengan-china-tentara-india-dilaporkan-tewas-akibat-lemparan-batu-sapJSqiHz3.jpg Foto: AFP.

NEW DELHI – Pemerintah China menuduh tentara India telah melintasi perbatasan di Lembah Galwan dan melakukan provokasi, memicu bentrokan yang menewaskan tiga tentara India, termasuk seorang perwira, pada Senin malam (15/6/2020).

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian, mengatakan bahwa India telah melintasi perbatasan dua kali pada Senin, "memprovokasi dan menyerang personil China, mengakibatkan konfrontasi fisik yang serius antara pasukan perbatasan di kedua sisi". Kementerian Luar Negeri China mendesak India untuk tidak mengambil tindakan sepihak yang akan menimbulkan masalah lebih jauh lagi.

BACA JUGA: 3 Tentara India Tewas dalam Pertempuran di Perbatasan dengan China

Kedua negara telah terlibat telah lama terlibat ketegangan di sepanjang perbatasan, dan telah terjadi beberapa bentrokan fisik dalam beberapa pekan terakhir. Namun, baik China dan India mengatakan tidak ada peluru yang ditembakkan selama empat dekade konfrontasi.

Pihak India pada Selasa (16/6/2020) menegaskan bahwa tidak ada tembakan yang dilepaskan dalam insiden di Garis Kontrol Aktual (LAC) Ladakh Timur tersebut. India Today melaporkan, dengan mengutip beberapa sumber bahwa ketiga tentara India tewas karena luka-luka yang mereka derita setelah dilempari batu oleh pihak China, meski sejauh ini belum ada konfirmasi dari militer kedua negara.

BACA JUGA: Ratusan Tentara China dan India Baku Hantam di Perbatasan, Belasan Luka-Luka

Kematian yang dilaporkan pada Selasa diyakini sebagai yang pertama dalam beberapa dekade konfrontasi antara China dan India. Sejauh ini kedua negara hanya berperang satu kali, pada 1962, yang berakhir dengan kekalahan India.

Pada Mei, puluhan tentara India dan China baku hantam dalam bentrokan di perbatasan di Negara Bagian Sikkim di timur laut. Dan pada 2017, kedua negara bentrok di wilayah tersebut setelah China mencoba untuk memperpanjang jalan perbatasan melalui dataran tinggi yang disengketakan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini