Enam Bulan Ditutup, Bioskop-Bioskop China Mulai Dibuka Lagi Hari Ini

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 20 Juli 2020 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 18 2249156 enam-bulan-ditutup-bioskop-bioskop-china-mulai-dibuka-lagi-hari-ini-ZWaNoUQ3Bo.jpg Foto: Shutterstock.

BEIJING - Bioskop-bioskop di China kembali dibuka setelah ditutup selama enam bulan untuk mencegah penyebaran virus corona. Adiminstrasi film China mengatakan, bioskop di daerah “berisiko rendah” dapat kembali buka mulai hari ini, Senin (20/7/2020).

Sebagian besar China saat ini diklasifikasikan sebagai wilayah risiko rendah virus corona, sehingga pembukaan bioskop ini kemungkinan akan berskala nasional.

Bioskop-bioskop China terpukul keras oleh penutupan yang dimulai pada Januari, dengan banyak yang sudah gulung tikar.

BACA JUGA: 70.000 Bioskop di China Tutup, Industri Film Rugi Rp13,7 Triliun

Untuk kembali dibuka, bioskop-bioskop di China harus menaati seperangkat peraturan yang ketat, termasuk pemutara film yang dibatasi 30% kapasitas dan jumlah film yang diputar dibatasi 50% dari volume sebelumnya. Para pelanggan akan dicek suhu tubuhnya sebelum masuk ke dalam bioskop serta penonton dan staf bioskop harus memakai masker setiap saat.

Tiket harus dibeli secara online dan kelompok pelanggan yang terpisah harus duduk setidaknya satu meter.

Di bawah aturan pembatasan, tidak ada makanan atau minuman yang diizinkan disajikan di bioskop. Ini akan menjadi pukulan baru yang sangat besar karena makanan ringan telah lama menjadi bagian penting dari pendapatan industri bioskop.

BACA JUGA: 5 Fakta Bioskop Batal Dibuka 29 Juli, Nomor 3 Hati-Hati

China, yang merupakan pusat pandemi pertama, adalah pasar film terbesar kedua di dunia, dengan box office negara itu memperoleh USD9,2 miliar pada 2019. Angka itu secara tidak mengejutkan diprediksi turun tajam karena penutupan bioskop dan rilis film, baik domestik dan Hollywood yang dibatalkan atau dipindahkan ke layanan streaming online.

Awal bulan ini, pemilik bioskop terbesar di China, Wanda Film, memperingatkan bahwa mereka akan mengalami kerugian selama enam bulan pertama tahun ini.

Perusahaan itu, yang memiliki lebih dari 600 bioskop di seluruh negeri, mengatakan pihaknya memperkirakan kerugian hingga 1,6 miliar yuan (182 juta poundsterling), dibandingkan dengan laba 524 juta yuan untuk waktu yang sama tahun lalu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini