Erdogan Bacakan Ayat Alquran dalam Sholat Jumat Perdana di Hagia Sophia

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 24 Juli 2020 19:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 18 2251656 erdogan-bacakan-ayat-alquran-dalam-sholat-jumat-perdana-di-hagia-sophia-6moyZIKDfY.jpg Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan membaca ayat Alquran pada pelaksanaan sholat Jumat di Hagia Sophia, Istanbul, 24 Juli 2020. (Foto: Ruptly)

ISTANBUL - Mengenakan kopiah, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membacakan ayat-ayat Alquran dalam sholat Jumat yang digelar di Hagia Sophia, Istanbul pada Jumat (24/7/2020). Ini merupakan sholat Jumat pertama yang digelar di bangunan bekas katedral berusia 1.500 tahun itu dalam lebih dari delapan dekade.

Erdogan termasuk di antara jamaah yang hadir dalam sholat Jumat perdana itu. Pada kesempatan itu, dia membacakan bagian surat Al Fatihah dan surat Al Baqarah ayat 1 hingga 5 dari Alquran.

Kepala Kementerian Urusan Agama Turki, Ali Erbas naik ke mimbar dan memberikan khutbah Jumat di hadapan para jamaah. Dia menyampaikan pesan mengenai kemakmuran masjid, permusuhan terhadap Islam dan ajakan untuk bekerja memastikan penyebaran kasih sayang, toleransi, kedamaian, ketenangan, dan kebajikan di seluruh dunia.

BACA JUGA: Turki Ubah Museum Ikonik Hagia Sophia Menjadi Masjid

Pertengahan bulan ini Pengadilan Turki memutuskan bahwa aturan yang mengubah Hagia Sophia menjadi museum tidak sah, mendorong Erdogan mengubah fungsi bangunan ikonik Istanbul itu kembali menjadi masjid.


Video: Ruptly/YouTube.
Langkah itu kontroversial, berpotensi merusak institusi yang dipandang sebagai simbol kerukunan antaragama antara Muslim dan Kristen dan warisan sekuler Mustafa Kemal Ataturk, pendiri Turki modern. Namun, Erdogan tetap pada pendiriannya dan menetapkan sholat Jumat pertama digelar di Hagia Sophia pada 24 Juli.

BACA JUGA: Pertama Kali dalam 86 Tahun, Hagia Sophia Akan Kembali Gelar Sholat Jumat

Pada Jumat, media Turki melaporkan ribuan jamaah yang datang dari seluruh negeri untuk menyaksikan sholat Jumat bersejarah itu. Para jamaah diharuskan mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona, termasuk dengan mengenakan masker, hand sanitizer dan penjagaan jarak sosial.

Mosaik dan lukisan yang menampilkan tokoh Kristen di Hagia Sophia ditutupi tirai selama sholat. Mekanisme tirai yang digunakan serupa dengan industri film, tanpa menggunakan paku dalam pemasangannya.

Hagia Sophia, dianggap sebagai salah satu mahakarya arsitektur era Bizantium yang paling dihargai. Bangunan itu diubah menjadi masjid setelah penaklukan Konstatinopel (sekarang Istanbul) oleh Ottoman abad ke-16. Pada 1934 bangunan itu diubah menjadi museum dengan perintah pendiri Turki Modern, Mustafa Kemal Attaturk sebelum kemudian diubah kembali menjadi masjid oleh Erdogan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini