Sindikat Prostitusi Online Ditangkap, Satu Korban Hamil

Uun Yuniar, · Jum'at 24 Juli 2020 20:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 340 2251695 sindikat-prostitusi-online-ditangkap-satu-korban-hamil-sXluAfbe74.jpg Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol Komarudin/Foto: Uun Yuniar-iNews

PONTIANAK - Satreskrim Polresta Pontianak Kota mengungkap lima kasus eksploitasi prostitusi anak di bawah umur di antaranya melalui aplikasi media sosial. Dalam kasus ini, diamankan lima tersangka yang empat di antaranya juga merupakan anak di bawah umur dan salah seorang korban dalam kondisi hamil.

Kasus sindikat prostitusi eksploitasi anak di bawah umur berhasil diungkap polisi berkat laporan orangtua korban yang resah karena anaknya tidak pulang ke rumah. Berbekal laporan ini, polisi menyelidiki dan menemukan jejak pada salah satu aplikasi media sosial.

Dari lima kasus yang ditangani ini, empat di antaranya memanfaatkan hotel sebagai lokasi transaksi. Lima tersangka diamankan dan tiga di antaranya merupakan anak di bawah umur.

Tidak hanya menggunakan aplikasi, satu kasus memanfaatkan warung kopi dengan menawarkan karyawannya kepada para pria hidung belang. Harganya dipatok Rp700 ribu hingga Rp1 juta.

Selain tersangka eksploitasi, polisi juga mengamankan salah seorang pengguna layanan yang berhubungan dengan anak di bawah umur.

Saat ini, polisi masih melakukan penyelidikan terhadap siapa saja yang sempat berhubungan dengan anak di bawah umur ini.

Para pengguna dijerat Pasal 81 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 dengan ancaman hingga 15 tahun serta denda Rp5 miliar.

Sedangkan, tersangka eksploitasi ekonomi dan seksual anak di bawah umur terancam dijerat pasal 88 dengan ancaman hukuman 10 tahun serta denda Rp200 juta.

"Korban saat ini di bawah pengawasan orang tua dan tim kesehatan. Salah satu di antara korban tersebut dalam kondisi hamil," kata Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol Komarudin, Jumat (24/7/2020).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini