Presiden Palestina Puji Keputusan Turki Ubah Hagia Sophia Jadi Masjid

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 27 Juli 2020 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 18 2252776 presiden-palestina-puji-keputusan-turki-ubah-hagia-sophia-jadi-masjid-H3QEpSDCmK.jpg Hagia Sophia. (Foto: Kegubernuran Istanbul)

ANKARA – Presiden Palestina Mahmoud Abbas memuji keputusan Turki untuk mengubah Hagia Sophia kembali menjadi masjid. Hal itu disampaikan Abbas dalam percakapan telepon dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Minggu (26/7/2020).

Menurut pernyataan resmi yang dilansir Yeni Safak, Presiden Turki dan Palestina membahas hubungan bilateral dan masalah regional dalam percakapan mereka. Direktorat Komunikasi Turki mengatakan bahwa Abbas juga memuji Erdogan yang mengubah Hagia Sophia, bangunan ikonik Istanbul menjadi masjid.

BACA JUGA: Turki Ubah Museum Ikonik Hagia Sophia Menjadi Masjid

Hagia Sophia berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun hingga penaklukan Istanbul oleh Ottoman pada 1453. Bangunan itu kemudian digunakan sebagai masjid selama hampir 500 tahun, dari 1453 hingga 1934, sebelum diubah menjadi museum oleh pendiri Turki modern yang sekuler, Mustafa Kemal Attaturk.

Pada 10 Juli, pengadilan Turki membatalkan dekrit Kabinet 1934 yang mengubah Hagia Sophia menjadi museum, membuka jalan bangunan itu untuk digunakan kembali sebagai masjid. Presiden Erdogan kemudian mengumumkan untuk kembali menjadikan Hagia Sophia sebagai masjid meski mendapat kritik dari berbagai pihak terutama Kristen Ortodoks yang memiliki keterikatan sejarah dengan bangunan itu.

BACA JUGA: Ratusan Orang Ikuti Sholat Subuh Berjamaah di Hagia Sophia

Setelah diubah kembali menjadi masjid, pada 24 Juli, Hagia Sophia menggelar sholat Jumat pertamanya dalam 86 tahun.

Salah satu bangunan bersejarah yang paling banyak dikunjungi di Turki oleh wisatawan domestik dan internasional, Hagia Sophia ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1985, saat berfungsi sebagai museum.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini