Harimau Terkam 11 Kambing, Warga Diminta Waspada

Demon Fajri, Okezone · Senin 27 Juli 2020 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 340 2252627 harimau-terkam-11-kambing-warga-diminta-waspada-QSdq765pKE.jpg Jejak harimau usai makan kambing milik warga. Foto: Istimewa

BENGKULU – Sebelas ekor kambing diterkam harimau di Desa Tumbuan, Kecamatan Lubuk Sandi, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Ternak tersebut diduga diterkam lebih dari satu ekor Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae).

Dugaan itu muncul setelah terlihat sejumlah jejak kaki harimau di lokasi kejadian, tepatnya 1 kilometer (KM) dari pemukiman warga setempat.

''Informasi dari tim BKSDA, kemungkinan besar Harimau lebih dari satu. Ini dilihat dari jejak kakinya,'' kata Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno, Senin (27/7/2020).

Ia menambahkan, kejadian diduga karena hutan tempat harimau tersebut tinggal sudah mulai rusak, sehingga stok makanan di sana semakin berkurang.

Baca Juga:  Harimau Dekati Permukiman, 11 Kambing Milik Warga Diterkam 

Sudarno juga menjelaskan perangkat desa telah mengimbau warga untuk waspada dan berhati-hati, termasuk meminta mengandangkan hewan ternaknya agar tidak menjadi korban keganasan harimau.

Untuk diketahui, meski lokasi kejadian berada di Desa Tumbuan, namun pemiliknya merupakan warga desa sebelah, yakni Desa Tanjung Kuaw. Sudarno mengatakan sang pemilik bernama Khairil Wazan.

''Kepala Desa melalui perangkatnya sudah menyampaikan kepada warga Desa Tanjung Kuaw dan sekitarnya, agar selalu berhati-hati dan waspada terhadap teror harimau,'' jelas Sudarno.

Sebelumnya Kepala Desa Tanjung Kuaw Heri Yulianto juga menduga harimau turun gunung disebabkan kawasan hutan sudah mulai rusak.

''Lokasi kejadian satu kilometer dari pemukiman penduduk atau delapan kilometer dari kawasan Taman Buru Semidang Bukit Kabu,'' menjelaskan lebih lanjut..

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini