Simpan Belasan Bom Ikan, 2 Nelayan Ditangkap

Ismail Sangaji, iNews · Senin 10 Agustus 2020 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 340 2259856 simpan-belasan-bom-ikan-2-nelayan-ditangkap-C1zJ0yjaz0.JPG Foto: Istimewa

MALUT - Dua orang nelayan asal Sulawesi Tenggara (Sultra) ditangkap Petugas Patroli Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polda Maluku Utara, di perairan laut Kabupaten Pulau Taliabu karena memiliki sebanyak 17 buah bom rakitan.

Kedua nelayan itu ditangkap petugas hendak melakukan aktifitas penangkapan ikan dengan mengunakan bahan peledak rakitan, yang terbuat dari bahan pupuk yang telah dirakit dalam jirgen dan botol.

Salah satu pelaku Rahmad mengaku, bahan peledak yang mereka gunakan itu diperoleh dari kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Bom itu kami bawa dari Kendari dalam jerigen dan botol yang kami simpan dalam tiga colbox. Kami baru pertama kali mau melakukan penangkapan ikan dengan bom," kata Rahmad, Senin (10/8/2020).

 Penangkapan

Sementara itu, Direktur Polairud polda Maluku Utara, Kombes Djarot Agung Riadi mengatakan, pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap 14 pelaku lainnya.

"Selain kedua tersangka yang diamankan saat ini kami juga masih melakukan pengejaran terhadap 14 pelaku lain, yang berhasil kabur saat proses penangkapan. Kita juga telah mengantongi identidas mereka dan sudah berkoordinasi dengan Polairud Sultra," kata Djarot.

Saat ini, kedua pelaku dikenakan pasal berlapis diantaranya UU darurat kepemilikan bahan peledak dan UU perikanan dengan ancaman 20 penjara.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini