Mengenal Tammy Duckworth, Bakal Cawapres Joe Biden yang Pernah Tinggal di Jakarta

Agregasi Sindonews.com, · Selasa 11 Agustus 2020 22:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 18 2260719 mengenal-tammy-duckworth-bakal-cawapres-joe-biden-yang-pernah-tinggal-di-jakarta-QuhIaWKPEp.jpg Bakal Cawapres Joe Biden, Tammy Duckworth (foto: Reuters/Jason Reed)

WASHINGTON - Senator Amerika Serikat (AS), Tammy Duckworth masuk dalam daftar calon wakil presiden (cawapres) dari Partai Demokrat, untuk mendampingi calon presiden Joe Biden. Dan ternyata masa kecil senator ini pernah tinggal di Jakarta, Ibu Kota Indonesia.

Tanpa berambisi menjadi calon wakil presiden, senator dari wilayah Illinois ini mengatakan, dia akan bertugas dalam kapasitas apa pun untuk membantu Biden memenangkan kursi kekuasaan di Gedung Putih.

Dia menyampaikan hal itu dalam wawancaranya dengan dengan pembawa acara "Fox News Sunday", Chris Wallace, pekan lalu.

“Seberapa teliti Anda diperiksa oleh tim Biden saat ini? Sudahkah Anda menyerahkan semua catatan Anda ke (tim) kampanye?," tanya Wallace, kepada Duckworth.

 Bendera Amerika

“Apakah Anda sudah berbicara—pembicaraan pribadi dengan calon wakil presiden Biden?”

“Ya Chris, Anda tahu, mereka punya prosesnya sendiri. Saya akan membiarkan mereka melakukannya. Beberapa di antaranya bersifat publik, beberapa tidak. Saya akan memberi tahu Anda bahwa dia sangat berhati-hati tentang siapa yang dia pilih," kata Duckworth.

"Tapi sekali lagi, semua perempuan yang namanya disebutkan sejauh ini sungguh luar biasa, dan saya telah bekerja dengan masing-masing dan setiap dari mereka, dan siapa pun dari kita dapat maju dan melakukan pekerjaan itu," tuturnya.

Duckworth mengatakan ini semua tentang menyatukan negara untuk menghadapi pandemi dan tantangan di luar negeri. Selain memiliki pengalaman militer, latar belakang multikultural Tammy Duckworth menjadi kelebihannya.

Perlu diketahui, Tammy Duckworth lahir dari ayah pria kulit putih AS dan ibu berdarah Thailand-China. Dia lahir di Bangkok, Thailand, pada 12 Maret 1968 saat ayahnya, Franklin Duckworth, bertugas di negara Asia Tenggara tersebut. Sejak itu, ayah berpindah tugas di berbagai negara Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Dalam wawancaranya di majalah Chicago pada Mei 2012, Tammy Duckworth mengaku pernah menghabiskan masa kecil di Jakarta selama 7 tahun. Dia mahir berbahasa Indonesia dan juga Thailand.

“Saya lancar berbahasa Indonesia. Sebelum bicara dalam bahasa Inggris, saya bicara dalam bahasa Thailand,” kata Duckworth dalam wawancara tersebut.

Menurut catatan biografinya, senator Amerika ini pernah sekolah di Jakarta International School (JIS) yang saat ini berganti nama menjadi Jakarta Intercultural School.

Mengutip situs webnya, JIS menampilkan Tammy Duckworth sebagai salah satu alumni berprestasi. Akun media sosial JIS juga menampilkan sebuah cuplikan video kiriman Tammy bertanggal 10 Maret 2019 untuk memperingati Hari Perempuan Internasional.

Dia mengenang pernah bersekolah di JIS cabang Jalan Pattimura (SD), dan cabang Cilandak (SMP dan SMA). Di Jakarta, dia terkesan saat belajar bahasa Indonesia dan menemukan teman baru.

“Selamat Hari Perempuan Internasional. Perempuan bersatu!” katanya dalam dalam bahasa Indonesia dengan dialek Amerika.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini