2 Hektare Lahan Sawit Milik Warga Kebakaran

Fachrizal, iNews · Selasa 11 Agustus 2020 19:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 608 2260654 2-hektare-lahan-sawit-milik-warga-kebakaran-PivdJwOZWv.jpg 2 hektare lahan sawit milik warga kebakaran (Foto : iNews/Fachrizal)

LABUHANBATU - Tim Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) berhasil memadamkan kebakaran lahan di areal perkebunan sawit milik warga di Desa Kuala beringin, Kualuh Hulu, Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, Selasa (11/8/2020). Skira dua hektare lahan milik warga kondisinya hangus rata dengan tanah.

Tim gabungan Karhutla terdiri dari Manggala Agni, Personil Kepolisian Babinkamtibmas Kualuh Hulu, dan Personil TNI AD Babinsa Koramil Kualuh Hulu berjibaku memadamkan kebakaran lahan di lokasi perkebunan sawit milik warga di Desa Kuala beringin tepatnya di Kordinat lapangan: N.2.51254 E.99.47182.

Kebakaran terjadi sekira pukul 13.00 WIB. Tampak belasan petugas berjibaku memadamkan kobaran api dengan menggunakan peralatan seadanya. Berkisar dua puluh menit, petugas memadamkan api dengan menggunakan alat selang semprot air dengan memanfaatkan mata air terdekat, agar api cepat dipadamkan.

Dan api bisa dijinakan petugas berkisar dua jam. Meski api sudah padam, petugas tidak langsung meninggalkan lokasi kebakaran, sampai api benar benar padam. Diperkirakan kebakaran lahan mencapai dua hektar.

Kapolsek Kualuh Hulu AKP. Sahrial Sirait, membenarkan peristiwa kebakaran lahan milik masyarakat. Kejadian berawal saat masyarakat ingin membersihkan lahan sawit dan karet untuk penanaman padi darat, saat warga membakar tumpukan sampah. Tiba-tiba api membesar dan memabakar areal perkebunan warga.

Selain itu, musim kemarau juga menjadi pemicu api cepat membesar. Beruntung petugas cepat turun kelokasi sehingga tidak mengakibatkan kebakaran lahan yang luas.

Baca Juga : 22 Provinsi Catat Angka Kematian Covid-19 di Bawah Rata-Rata Dunia, Berikut Rinciannya

Baca Juga : Lutung Jawa yang Dibantai Diduga Telah Dimakan, Dagingnya Bisa Meningkatkan Vitalitas?

"Saya juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pembakaran lahan, dan jika sekali lagi ada ditemukan warga dengan sengaja melakukan aktifitas pembakaran lahan, maka aparat kepolisian tidak segan segan memberikan sangsi hukaman pidana,agar nantinya bisa menimbulkan efek jera dimasyarakat maupun perusahaan," ujar Sahrial.

Selesai memadamkan api, disaksikan perangkat desa, petugas gabungan karhutla juga memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat efek bahaya pembakaran lahan bagi lingkungan. Dan menjelaskan sangsi pidana bagi orang yang sengaja melakukan pembakaran lahan.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini