Rujuk, Raja Thailand Kembalikan Gelar dan Pangkat Selirnya

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 03 September 2020 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 18 2271964 rujuk-raja-thailand-kembalikan-gelar-dan-pangkat-selirnya-erjG1qXlum.jpg Sineenat Wongvajirakpadi. (Foto: EPA)

BANGKOK - Raja Thailand Maha Vajiralongkorn telah mengembalikan selirnya ke posisi permaisuri kerajaan, setahun setelah gelar itu dicabut secara dramatis.

Royal Gazette pada Rabu (2/9/2020) mengumumkan bahwa Raja Maha Vajiralongkorn telah mengembalikan pangkat dan gelar Sineenat Wongvajirapakdi. Pengembalian gelar itu diumumkan beberapa hari setelah dia dilaporkan dibebaskan dari penjara dan diterbangkan ke Jerman untuk bergabung dengan raja, demikian diwartakan BBC.

Gelar Sineenat dicopot pada Oktober 2019 hanya beberapa bulan setelah dia dinobatkan sebagai pendamping raja. Istana mengatakan bahwa dia dihukum karena mencoba mengangkat dirinya ke "posisi yang sama dengan ratu".

BACA JUGA: Diberi Pengampunan, Mantan Selir Raja Thailand Dibebaskan dan Diterbangkan ke Jerman

Dia juga dituduh melakukan "kelakuan buruk dan ketidaksetiaan terhadap raja". Sineenat tidak pernah terlihat di depan umum sejak saat itu dan keberadaannya tidak dapat dikonfirmasi.

Pada Sabtu (29/8/2020) tabloid Jerman, Bild melaporkan Sineenat dibebaskan dari penjara di Thailand dan diterbangkan ke Jerman untuk bergabung di hotel spa bintang empat di Garmisch-Partenkirchen, kota wisata ski di Pegunungan Alpen Bavaria dengan Raja Maha Vajiralongkorn.

Sebelumnya dilaporkan bahwa Raja Maha Vajiralongkorn, atau yang bergelar Raja Rama X, telah "mengisolasi" dirinya di hotel dengan rombongan 20 wanita selama sebagian besar masa pandemi.

Sineenat adalah permaisuri kerajaan pertama di Kerajaan Thailand selama hampir satu abad. Di kerajaan, gelar itu digunakan pada pasangan selain istri raja.

BACA JUGA: Istana Thailand Rilis Foto-Foto Langka Selir Raja Maha Vajiralongkorn

Menurut pengumuman dari Royal Gazette, keputusan terbaru raja itu berarti "Sineenat Wongvajirapakdi tidak ternoda".

"Sejak saat itu, akan menjadi seolah-olah dia tidak pernah dilucuti dari pangkat militer atau gelar kerajaannya," demikian diumumkan Royal Gazette sebagaimana dilansir BBC.

Lahir pada 1985, Sineenat yang berasal dari Thailand utara bekerja sebagai perawat sebelum menjalin hubungan dengan putra mahkota Vajiralongkorn.

Dia akhirnya menjadi pengawal, pilot dan penerjun payung, dan bergabung dengan bodyguard kerajaan. Pada awal 2019, ia diangkat menjadi mayor jenderal.

Sineenat menerima gelar resmi Permaisuri Mulia pada Juli 2019, tak lama setelah raja menikahi istri keempatnya Ratu Suthida, yang telah menjadi wakil kepala detail keamanan pribadinya.

Hanya beberapa bulan kemudian, pada Oktober, Sineenat tiba-tiba dicopot dari pangkat dan gelarnya, memicu spekulasi luas tentang apa yang mungkin telah mendorong kejatuhannya yang tiba-tiba.

Penyebab sebenarnya pencopotan, dan pemberian kembali, gelarnya sebagai permaisuri kerajaan mungkin tidak akan pernah dipublikasikan, mengingat kerahasiaan yang menyelubungi urusan istana di Thailand.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini